Kompas.com - 30/12/2014, 14:29 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Direktur Perhubungan Udara, Djoko Murjatmodjo mengonfirmasi bahwa serpihan-serpihan yang ditemukan di perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah adalah bagian dari sebuah pesawat.

Hal tersebut disampaikan oleh Djoko di kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) di Jakarta, Selasa (30/12/2014) siang.

Sebelumnya, Pangkoopsau 1, Marsda Agus Dwi Putranto dalam konferensi pers di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah menyatakan telah menemukan serpihan-serpihan berukuran cukup besar di perairan tersebut, namun belum mengonfirmasi bahwa serpihan tersebut adalah bagian dari pesawat terbang.

Tak lama setelah konferensi pers yang dilakukan pada Selasa (30/12/2014) pukul 12.00 siang itu, foto-foto serpihan yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari pesawat oleh Djoko Murjatmodjo itu banyak beredar melalui jejaring sosial Twitter.

Akun Twitter resmi AFP bahkan menyebut bagian dari serpihan tersebut adalah pintu pesawat dan emergency slide (karet peluncur di pintu darurat).

"#BREAKING Items resembling emergency slide, plane door seen in search for AirAsia flight #QZ8501: Indonesia" demikian tulis akun @AFP

Sejumlah foto yang ditampilkan menunjukkan setidaknya beberapa serpihan. Masing-masing berbentuk persegi panjang warna coklat, batang memanjang berwarna perak, segitiga warna kekuningan, serta serpihan-serpihan berwarna hitam dan merah.

Berikut adalah foto-foto serpihan tersebut yang dirangkum KompasTekno dari akun twitter AFP.

AFP PHOTO / BAY ISMOYO
Puing mengambang di area yang sama dengan puing lainnya terlihat saat operasi pencarian pesawat AirAsia QZ8501 di atas Laut Jawa, Selasa (30/12/2014). Puing tersebut masih diselidiki pihak berwenang, apakah terkait pesawat AirAsia yang hilang.
AFP/Getty Images
Serpihan pesawat yang ditemukan di perairan Pangkalan Bun


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.