Samsung Gear S, Smartphone yang Melingkar di Tangan

Kompas.com - 30/12/2014, 15:04 WIB
Jam tangan pintar Samsung Gear S. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comJam tangan pintar Samsung Gear S.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Smartwatch selama ini hanya merupakan gadget pelengkap. Sebagian besar dibekali fungsi seperti pedometer, pengukur pola tidur, sampai penghubung notifikasi dengan smartphone.

Namun fungsi-fungsi tersebut tidak mandiri, mereka baru bekerja penuh jika terhubung dengan smartphone. Samsung agaknya mencoba mendobrak ketergantungan itu melalui Gear S.

Tim KompasTekno sempat mencicipi gadget terbaru itu. Selama berkenalan dan mencoba fitur-fiturnya, kesimpulannya, Gear S boleh disebut smartphone yang menyusut ke dalam ukuran jam tangan.

Disebut sebagai smartphone karena di dalamnya, Gear S memiliki slot untuk meletakkan SIM Card. Selain itu, smartwatch ini juga dibekali dengan konektivitas ke internet, baik melalui jaringan selular atau WiFi.

Kemampuan konektivitas tersebut menjadi salah satu keunggulan Gear S. Namun apakah memiliki konektivitas sendiri berarti menjadi smartwatch yang mandiri? Simak ulasan tim KompasTekno berikut ini.

Desain

Samsung Gear S berwujud kotak, layaknya smartphone mini berukuran 2 inchi atau sekitar 5 centimeter. Bentuknya yang cekung membuat smartwatch ini tampak melekat di tangan. Meski cukup besar untuk sebuah jam tangan, smartwatch ini memberi kesan futuristik pada pemakainya.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com(kiri) Jam tangan biasa. (kanan) Jam tangan pintar Samsung Gear S.

Layarnya dari jenis AMOLED 480x360 piksel yang sanggup menampilkan warna serta gambar dengan jernih. Pada bagian bawah layar ini terdapat satu tombol fisik.

Jika tombol itu ditekan, ia akan mengantarkan pengguna ke layar utama atau memadamkan smartwatch. Selain tombol fisik ini, semua perintah dan navigasi Samsung Gear S dilakukan dengan sentuhan.

Pengguna yang mudah bosan dengan tampilan antarmuka jam tangan pun bisa mengubahnya sesuai dengan pilihan yang tersedia. Mulai dari tampilan jam digital sampai analog bisa dipasang pada Gear S ini.

Strap jam tangan cerdas ini dibuat dari karet. Ada sejumlah lubang ukuran yang disematkan padanya. Pengguna mudah melepas Samsung Gear S dari strap tersebut dan menggantinya dengan aksesoris lain.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X