Apple Patenkan Stylus untuk Berbagai Permukaan

Kompas.com - 31/12/2014, 10:08 WIB
Ilustrasi stylus dalam dokumen paten yang diajukan Apple USPTOIlustrasi stylus dalam dokumen paten yang diajukan Apple
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Awal bulan ini, Apple mengajukan paten untuk sebuah perangkat pointing device berbentuk stylus. Kini, Apple dikabarkan telah mendapatkan paten tersebut.

Paten stylus yang didapat Apple disebut bisa digunakan untuk segala jenis permukaan, serta mentransmisikan gambar ke layar digital.

Dikutip KompasTekno dari situs Phone Arena, Selasa (30/12/2014), stylus tersebut akan berguna di ruang-ruang kelas sekolah. Tulisan pengajar di papan tulis bisa ditransmisikan langsung ke tablet milik siswa.

Ujung pena yang bisa digonta-ganti juga memungkinkan stylus tersebut digunakan untuk menulis dengan tinta atau materi lainnya. Versi stylus dengan teknologi kapasitif juga disebut dimiliki oleh Apple.

Teknologi kapasitif tersebut bisa digunakan untuk layar tablet Apple iPad layaknya stylus biasa.

Sebelumnya, Apple telah memiliki paten stylus Livescribe 3 yang didapat pada 2010. Namun teknologi yang diusung di dalamnya masih rumit, karena menggunakan kamera dengan sensor infra merah di ujungnya untuk menangkap tulisan.

Selain itu, Livescribe 3 juga membutuhkan kertas khusus dan jumlah daya yang besar untuk mengoperasikannya.

Nampaknya, dengan memperkenalkan stylus, Apple mencoba mendobrak tradisi mereka saat ini dengan menawarkan aksesori tersebut dalam perangkat-perangkat mereka.

Rival Apple, Samsung selama ini telah memperkenalkan stylus dalam semua lini Galaxy Note-nya. Selain itu, LG nampaknya juga akan memperkenalkan stylus di perangkat G4 mereka.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X