Kompas.com - 31/12/2014, 14:02 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel juga turut memberikan dukungan dalam proses evakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Bentuk dukungan yang diberikan Telkomsel dalam upaya pencarian/evakuasi pesawat dan korban dilakukan dalam bentuk penguatan jaringan, posko layanan dan bantuan langsung," demikian pernyataan tertulis Telkomsel yang diterima KompasTekno, Rabu (31/12/2014).

Penguatan jaringan dan peningkatan kapasitas dilakukan Telkomsel di beberapa titik di Pangkalan Bun, seperti di Pantai Kuba, Pelabuhan Kumai, Rumah Sakit Immanudin, dan di Area Crisis Centre yang didirikan di Pangkalan Bun.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan COMBAT (compact mobile base transceiver) di bandar udara Iskandar, Pangkalan Bun.

Dengan penguatan jaringan yang dilakukan Telkomsel tersebut, diharapkan lalu lintas komunikasi baik voice (suara), SMS dan data di lokasi-lokasi yang padat akan aktivitas koordinasi terkait evakuasi tersebut akan berjalan lebih lancar.

Di samping melakukan upaya penguatan jaringan, Telkomsel juga menyediakan posko yang memberikan layanan telepon dan internet secara gratis. Posko tersebut didirikan di beberapa lokasi di Pangkalan Bun, seperti bandar udara Iskandar Pangkalan Bun, Rumah Sakit Sultan Imanudin, dan Pelabuhan Kumai.
 
Layanan yang bisa digunakan oleh petugas Badan SAR Nasional (Basarnas), keluarga korban, dan media tersebut rencananya akan berlangsung selama tiga hari atau sampai  proses evakuasi selesai. 

Selain di Pangkalan Bun, Telkomsel juga membuka posko di Bandara Internasional Juanda dan Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya - Jawa Timur.

“Kami turut berduka cita dengan terjadinya musibah ini, Telkomsel berharap penguatan jaringan dan layanan telekomunikasi gratis ini dapat mempermudah kerja dan koordinasi semua pihak yang terlibat dalam proses evakuasi,” demikian ujar Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.