Android One dan Firefox OS Bakal Laris di 2015

Kompas.com - 03/01/2015, 10:06 WIB
Android One, proyek smartphone Android murah Google GoogleAndroid One, proyek smartphone Android murah Google
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Platform smartphone baru, seperti Android One dan Firefox OS, diprediksi akan meningkat penjualannya di tahun 2015 ini.

Menurut DigiTimes, Rabu (31/12/2014), peningkatan penjualan tersebut dipicu oleh kebutuhan para pengguna feature phone yang akan beralih ke smartphone.

Android One dan Firefox OS adalah dua smartphone yang menyasar kelas entry-level, dengan harga jual yang rendah, sekitar 100 dollar AS (sekitar Rp 1 jutaan).

Di Indonesia sendiri, menurut catatan KompasTekno, setidaknya sudah ada dua vendor lokal yang menyatakan akan memproduksi smartphone Android One, dengan lisensi dari Google. Keduanya adalah Evercoss dan Mito.

Sementara itu, smartphone Firefox OS besutan Mozilla rencananya akan mulai dijual di 30 negara pada tahun 2015 ini.

Mozilla telah memiliki 14 jenis smartphone Firefox OS dengan beberapa model yang dijual dengan harga di bawah 30 dollar AS (sekitar Rp 400 ribu).

Lembaga analis Gartner memprediksi dengan semakin murahnya harga jual smartphone dibanding feature phone, maka diprediksi pangsa pasar feature phone hanya akan tersisa 10 persen saja pada 2018 mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Digitimes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X