Kendalikan Mobil Lewat Jam Tangan Pintar

Kompas.com - 04/01/2015, 09:15 WIB
Aplikasi Blue Link di smartwatch bisa membuat pengguna mengontrol mobil melalui pergelangan tangan Pocket-LintAplikasi Blue Link di smartwatch bisa membuat pengguna mengontrol mobil melalui pergelangan tangan
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Fungsi dari jam tangan pintar atau smartwatch semakin luas. Kini, dengan memanfaatkan sebuah aplikasi, pengguna bisa mengendalikan mobil, langsung melalui pergelangan tangan.

Pabrikan mobil Hyundai beberapa waktu lalu mengumumkan ketersediaan aplikasi Blue Link di produk yang berbasiskan Android Wear.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna bisa melakukan beberapa fungsi dasar mengontrol mobilnya.

Melalui aplikasi Blue Link yang ada di smartwatch, seperti dikutip KompasTekno dari Pocket Lint, Minggu (4/1/2014), pemilik mobil Hyundai seri tertentu dapat mengunci dan membuka kunci pintu mobil.

Pengguna juga dapat menghidupkan dan mematikan mobil. Pemilik kendaraan bahkan dapat menyalakan lampu sorot atau mencari lokasi mobil dari perangkat jam tangan pintar.

Uniknya, selama sistem mobil dan smartwatch terhubung ke internet, pengguna bisa melakukan semua fungsi tersebut dari jarak jauh, bahkan dari wilayah yang berbeda sekalipun.

Aplikasi Blue Link ini juga memanfaatkan fungsi voice command yang ada di Android Wear. Sebagai contoh, pengguna dapat memberikan perintah suara seperti "Start my car" untuk menghidupkan mobil, "Lock my car" untuk mengunci mobil, atau "find my car" untuk menemukan mobilnya.

Saat ini, smartwatch berbasis Android Wear masih belum terlalu banyak. Perangkat yang sudah mendukung platform tersebut, di antaranya Asus ZenWatch, LG G Watch, LG G Watch R, Moto 360, Samsung Gear Live, dan Sony SmartWatch 3.

Sementara, mobil Hyundai yang mendukung aplikasi Blue Link tersebut kebanyakan mobil keluaran baru, seperti Sonata, Genesis, dan Azera.

Saat ini, memang baru Hyundai yang menampilkan kemampuan mengontrol mobil melalui smartwatch. Namun, untuk ke depannya, pabrikan mobil lain tak bakalan mau ketinggalan.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X