Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Mobil Lewat Jam Tangan Pintar

Kompas.com - 04/01/2015, 09:15 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Fungsi dari jam tangan pintar atau smartwatch semakin luas. Kini, dengan memanfaatkan sebuah aplikasi, pengguna bisa mengendalikan mobil, langsung melalui pergelangan tangan.

Pabrikan mobil Hyundai beberapa waktu lalu mengumumkan ketersediaan aplikasi Blue Link di produk yang berbasiskan Android Wear.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna bisa melakukan beberapa fungsi dasar mengontrol mobilnya.

Melalui aplikasi Blue Link yang ada di smartwatch, seperti dikutip KompasTekno dari Pocket Lint, Minggu (4/1/2014), pemilik mobil Hyundai seri tertentu dapat mengunci dan membuka kunci pintu mobil.

Pengguna juga dapat menghidupkan dan mematikan mobil. Pemilik kendaraan bahkan dapat menyalakan lampu sorot atau mencari lokasi mobil dari perangkat jam tangan pintar.

Uniknya, selama sistem mobil dan smartwatch terhubung ke internet, pengguna bisa melakukan semua fungsi tersebut dari jarak jauh, bahkan dari wilayah yang berbeda sekalipun.

Aplikasi Blue Link ini juga memanfaatkan fungsi voice command yang ada di Android Wear. Sebagai contoh, pengguna dapat memberikan perintah suara seperti "Start my car" untuk menghidupkan mobil, "Lock my car" untuk mengunci mobil, atau "find my car" untuk menemukan mobilnya.

Saat ini, smartwatch berbasis Android Wear masih belum terlalu banyak. Perangkat yang sudah mendukung platform tersebut, di antaranya Asus ZenWatch, LG G Watch, LG G Watch R, Moto 360, Samsung Gear Live, dan Sony SmartWatch 3.

Sementara, mobil Hyundai yang mendukung aplikasi Blue Link tersebut kebanyakan mobil keluaran baru, seperti Sonata, Genesis, dan Azera.

Saat ini, memang baru Hyundai yang menampilkan kemampuan mengontrol mobil melalui smartwatch. Namun, untuk ke depannya, pabrikan mobil lain tak bakalan mau ketinggalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com