Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kata Terpopuler di Internet 2014?

Kompas.com - 04/01/2015, 17:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Kata terpopuler sepanjang 2014 ternyata bukanlah sebuah “kata”, melainkan emoji, tepatnya emoji berbentuk hati.

Hal ini diungkapkan oleh lembaga Global Language Monitor (GLM) berdasarkan hasil riset terhadap Twitter, Facebook, aneka blog, serta 250 ribu outlet berita di seluruh dunia selama 12 bulan terakhir.

Emoji hati dan cinta, emoticon, dan berbagai variasinya muncul miliaran kali setiap harinya di seluruh dunia dalam berbagai bahasa dan budaya,” tulis GLM dalam laporannya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Minggu (4/1/2014).

Emoji sendiri merupakan ideogram alias gambar atau icon digital kecil yang dipakai sebagai bagian dari teks untuk mengungkapkan perasaan penulisnya. Sejak muncul di Jepang menjelang akhir abad ke-20, penggunaan emoji telah meluas ke seluruh dunia.

“Ini merupakan kali pertama sebuah ideogram menjadi kata terpopuler di dunia,” tambah GLM.

Tahun lalu, kata terpopuler menurut riset GLM adalah “404” atau kode yang muncul ketika terjadi kesalahan loading laman internet. Kata terpopuler kedua dan ketiga masing-masing adalah “hashtag” dan “vape’.

GLM juga menyebutkan bahwa nama terpupuler sepanjang 2014 adalah “Ebola”, diikuti oleh “Pope Francis”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com