Kompas.com - 05/01/2015, 17:04 WIB
Ilustrasi Nvidia Drive PX NvidiaIlustrasi Nvidia Drive PX
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Nvidia Drive PX

KOMPAS.com - Dunia otomotif agaknya semakin dilirik oleh perusahaan-perusahaan teknologi. Pabrikan chip Nvidia misalnya, dalam ajang CES 2015 yang berlangsung di Las Vegas, AS, minggu ini memperkenalkan platform komputer untuk mobil bernama Drive PX dan Drive CX.

Sebagaimana dikutip oleh Kompas Tekno dari Engadget, Senin (5/1/2014), Drive PX yang dimotori chip Tegra X1 terbaru merupakan sistem otomatisasi untuk kendaraan.

Aneka kamera dan sensor yang terhubung dengan Drive PX menurut rencana akan memungkinkan mobil melakukan hal-hal seperti menyetir sendiri (auto-pilot) serta memarkir sendiri (auto-valet), tanpa intervensi manusia sama sekali. Setelah diparkir, mobil bisa dipanggil oleh pengemudi lewat smartphone.

"Kita akan melihat masa depan yang dipenuhi mobil otomatis, robot, dan drone yang bisa melihat dan belajar dengan kecerdasan yang luar biasa," kata CEO Nvidia Jen-Hsun Huang.

Adapun Drive CX adalah sistem komputer yang mendukung aneka tampilan grafis untuk keperluan navigasi, infotainment, instrumen digital, serta monitoring pengemudi.

Chip Tegra X1 yang tertanam di Drive PX dan CX diklaim memiliki kinerja luar biasa dengan kemampuan komputasi lebih dari 1 teraflops. Chip 64-bit dengan 256 CPU core dan pengolah grafis Maxwell ini dibekali program yang bisa mengenali aneka obyek di jalan, seperti rambu-rambu, speed camera, hingga pejalan kaki.

Meski terdengar canggih, masih belum diketahui pabrikan otomotif mana saja yang berminat memakai platform Drive PX dan CX. Belum jelas pula kapan produk mobil otomatis ala Nvidia akan memasuki pasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.