Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Nvidia Bisa Dipanggil dari Smartphone

Kompas.com - 05/01/2015, 17:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET
Ilustrasi Nvidia Drive PX

KOMPAS.com - Dunia otomotif agaknya semakin dilirik oleh perusahaan-perusahaan teknologi. Pabrikan chip Nvidia misalnya, dalam ajang CES 2015 yang berlangsung di Las Vegas, AS, minggu ini memperkenalkan platform komputer untuk mobil bernama Drive PX dan Drive CX.

Sebagaimana dikutip oleh Kompas Tekno dari Engadget, Senin (5/1/2014), Drive PX yang dimotori chip Tegra X1 terbaru merupakan sistem otomatisasi untuk kendaraan.

Aneka kamera dan sensor yang terhubung dengan Drive PX menurut rencana akan memungkinkan mobil melakukan hal-hal seperti menyetir sendiri (auto-pilot) serta memarkir sendiri (auto-valet), tanpa intervensi manusia sama sekali. Setelah diparkir, mobil bisa dipanggil oleh pengemudi lewat smartphone.

"Kita akan melihat masa depan yang dipenuhi mobil otomatis, robot, dan drone yang bisa melihat dan belajar dengan kecerdasan yang luar biasa," kata CEO Nvidia Jen-Hsun Huang.

Adapun Drive CX adalah sistem komputer yang mendukung aneka tampilan grafis untuk keperluan navigasi, infotainment, instrumen digital, serta monitoring pengemudi.

Chip Tegra X1 yang tertanam di Drive PX dan CX diklaim memiliki kinerja luar biasa dengan kemampuan komputasi lebih dari 1 teraflops. Chip 64-bit dengan 256 CPU core dan pengolah grafis Maxwell ini dibekali program yang bisa mengenali aneka obyek di jalan, seperti rambu-rambu, speed camera, hingga pejalan kaki.

Meski terdengar canggih, masih belum diketahui pabrikan otomotif mana saja yang berminat memakai platform Drive PX dan CX. Belum jelas pula kapan produk mobil otomatis ala Nvidia akan memasuki pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com