Monitor HP Terbaru Pakai Resolusi 5K

Kompas.com - 06/01/2015, 12:26 WIB
Monitor HP Envy 34c memiliki layar yang melengkung dengan aspect ratio 21:9 Monitor HP Envy 34c memiliki layar yang melengkung dengan aspect ratio 21:9
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com –
Produsen hardware Hewlett Packard (HP) meluncurkan perangkat monitor yang dilengkapi layar dengan resolusi sangat tinggi, 5K.

Ketajaman gambar 5K tersebut berarti monitor ini memiliki resolusi 5.120 x 2.880 piksel, lebih tinggi dari standar 4K yang telah banyak beredar.

Resolusi 5K ini berarti bisa menampilkan gambar dengan kualitas tujuh kali lipat lebih tajam ketimbang Full-High Definition (HD).

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (5/1/2015), monitor yang disebut HP Z27q itu dibekali panel IPS berukuran 27 inci dengan aspect ratio 16:9.

HPZ27q memamerkan monitor ini dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 di Las Vegas, AS. Monitor jenis ini merupakan produk 5K pertama bagi HP. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu membanderolnya dengan harga lebih murah ketimbang monitor sejenis.

Rencananya perilisan akan dilakukan pada Maret 2015 mendatang. HP membanderolnya dengan harga 1.300 dollar AS atau sekitar Rp 16,4 juta.

Resolusi 5K ini pertama kali diterapkan Apple pada Mac besutannya, iMac with Retina Display. Bedanya, iMac with Retina Display merupakan komputer all-in-one lengkap dengan CPU rakitan Apple. Sedangkan, HP menerapkannya pada monitor tunggal yang dapat digunakan dengan komputer desktop apapun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain HP, Dell juga telah lebih dulu meluncurkan monitor 5K. Monitor besutan Dell ini juga berukuran 27 inci. Namun harga banderolnya jauh lebih mahal ketimbang HPZ27q. Dell membanderol monitor 5K buatannya dengan harga 2.500 dollar AS atau sekitar 31,5 juta.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X