Galaxy Note 4 LTE, Pakai Exynos atau Snapdragon?

Kompas.com - 06/01/2015, 14:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Samsung telah mengonfirmasi bahwa Galaxy Note 4 yang mendukung kemampuan koneksi 4G LTE akan menggunakan prosesor Exynos buatan mereka sendiri.

Sebelumnya diberitakan Samsung akan memiliki tiga varian Galaxy Note 4 LTE. Selain menggunakan prosesor Samsung Exynos 5433 8-core, ada pula varian yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 805 APQ8084, dan varian Snapdragon 810 8-core.

Namun dikutip oleh KompasTekno, juru bicara Samsung telah mengonfirmasi kepada TechRadar, Kamis (30/12/2014), bahwa Galaxy Note 4 LTE yang dibuat Samsung tidak akan mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 810, melainkan prosesor Exynos buatan Samsung sendiri.

Samsung saat ini memiliki prosesor Exynos 5433 dengan 8 inti pemrosesan yang terdiri atas  4 Cortex A53 dan 4 Cortex A57. Arsitektur ini mirip dengan Snapdragon 810 buatan Qualcomm.

Samsung Galaxy Note 4 LTE sendiri rencananya baru akan diluncurkan di Korea Selatan pada Januari ini. Belum ada kepastian dari Samsung apakah Galaxy Note 4 LTE juga akan dirilis di luar Negeri Ginseng tersebut, termasuk di Indonesia.

Galaxy Note 4 LTE tersebut digadang-gadang oleh Samsung sebagai smartphone LTE-A Tri-Band Carrier Agregation 3x20 MHz pertama di dunia yang sanggup mencapai kecepatan download 300 Mbps pada jaringan LTE Category 6 UE yang sudah ada saat ini.

Sekadar catatan, jaringan 4G LTE yang ada di Indonesia belum mendukung kemampuan tersebut.

Selain soal prosesor, Galaxy Note 4 LTE memiliki spesifikasi serupa dengan versi orisinilnya. Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED 5,7 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel, sistem operasi Android 4.4 Kitkat serta kamera 16 megapiksel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Tech Radar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.