Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 4 LTE, Pakai Exynos atau Snapdragon?

Kompas.com - 06/01/2015, 14:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Tech Radar
KOMPAS.com - Samsung telah mengonfirmasi bahwa Galaxy Note 4 yang mendukung kemampuan koneksi 4G LTE akan menggunakan prosesor Exynos buatan mereka sendiri.

Sebelumnya diberitakan Samsung akan memiliki tiga varian Galaxy Note 4 LTE. Selain menggunakan prosesor Samsung Exynos 5433 8-core, ada pula varian yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 805 APQ8084, dan varian Snapdragon 810 8-core.

Namun dikutip oleh KompasTekno, juru bicara Samsung telah mengonfirmasi kepada TechRadar, Kamis (30/12/2014), bahwa Galaxy Note 4 LTE yang dibuat Samsung tidak akan mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 810, melainkan prosesor Exynos buatan Samsung sendiri.

Samsung saat ini memiliki prosesor Exynos 5433 dengan 8 inti pemrosesan yang terdiri atas  4 Cortex A53 dan 4 Cortex A57. Arsitektur ini mirip dengan Snapdragon 810 buatan Qualcomm.

Samsung Galaxy Note 4 LTE sendiri rencananya baru akan diluncurkan di Korea Selatan pada Januari ini. Belum ada kepastian dari Samsung apakah Galaxy Note 4 LTE juga akan dirilis di luar Negeri Ginseng tersebut, termasuk di Indonesia.

Galaxy Note 4 LTE tersebut digadang-gadang oleh Samsung sebagai smartphone LTE-A Tri-Band Carrier Agregation 3x20 MHz pertama di dunia yang sanggup mencapai kecepatan download 300 Mbps pada jaringan LTE Category 6 UE yang sudah ada saat ini.

Sekadar catatan, jaringan 4G LTE yang ada di Indonesia belum mendukung kemampuan tersebut.

Selain soal prosesor, Galaxy Note 4 LTE memiliki spesifikasi serupa dengan versi orisinilnya. Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED 5,7 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel, sistem operasi Android 4.4 Kitkat serta kamera 16 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com