Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kekeliruan Saat Memakai Smartband

Kompas.com - 07/01/2015, 08:08 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com – Smartband biasa digunakan untuk mencatat aktivitas fitness. Tujuannya agar aktivitas yang tercatat itu bisa dipakai untuk menakar seberapa sehat tubuh penggunanya. Smartband ini pun terdiri dari banyak pilihan.

Namun, hanya memilih smartband termahal atau terbaik saja tidak cukup untuk mendapatkan hasil maksimal. Dikutip KompasTekno dari Cnet, Rabu (7/1/2015), berikut ini kekeliruan yang harus Anda hindari untuk memperoleh manfaat maksimal dari smartband.

1. Tidak Mengisi Informasi Pribadi

Ketika mulai menggunakan smartband atau fitness tracker, Anda akan diminta menciptakan akun pribadi. Data-data pribadi seperti usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin harus dimasukkan.

Data-data yang kemudian disinkronisasi dengan smartphone itu sebaiknya diisi dengan lengkap. Fungsinya adalah sebagai pembanding agar dapat lebih akurat memprediksi jarak yang ditempuh, kalori yang dibakar dan jumlah langkah yang sudah ditempuh.

2. Tidak Mendetilkan Tangan Mana yang Memakai

Ada smartband yang meminta penggunanya mencatat tangan mana yang menggunakan alat itu. Jangan abaikan hal ini. Detil tentang tangan mana yang akan menggunakan smartband tersebut berpengaruh pada sensitivitas sensornya.

Misalkan Anda menggunakannya di tangan yang dominan maka sensitifitas akan berkurang. Hal ini untuk mengimbangi tangan dominan yang cenderung lebih sering bergerak.

3. Mengatur Target yang Tidak Realistis

Umumnya smartband atau fitness tracker yang baru dinyalakan akan mengatur target 10.000 langkah per hari. Target ini tidak realistis bila diterapkan pada semua orang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.