Kompas.com - 07/01/2015, 10:49 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com – Lenovo ikut terjun ke dalam persaingan wearable gadget. Produsen gadget asal Tiongkok itu menggarap gelang cerdas Vibe Band VB10 sebagai debutnya.

Smartband ini dibanderol dengan harga terjangkau dan menggunakan tinta elektronik (e-ink) sebagai layar.

Dikutip dari KompasTekno dari Cnet, Selasa (6/1/2015), VB10 merupakan gelang cerdas berbahan logam dengan strap terbuat dari karet. Kombinasi tersebut membuat smartband ini memiliki kesan sporty dan mewah.

Lenovo membekali smartband ini dengan fitur penjejak aktivitas (fitness tracking) dan smartwatch. Fitur fitness tracking di dalamnya berupa pencatat jumlah langkah, kalori, jarak yang ditempuh serta pola tidur penggunanya.

Sedangkan, fitur smartwatch berupa kemampuan menerima notifikasi telepon, pesan teks, dan jejaring sosial dari smartphone penggunanya.

Hal paling menarik dari VB10 adalah daya tahannya yang diklaim mencapai 7 hari. Pengguna juga bisa santai memakainya saat mandi.

Smartband ini memang telah mengantongi sertifikasi Ipx7 yang mengindikasikan kemampuan anti-air sampai kedalaman satu meter selama 30 menit.

Lenovo berencana meluncurkan VB10 pada April 2015. Harga banderolnya adalah 89 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta. Dengan banderol tersebut, smartband besutan Lenovo ini diprediksi bakal jadi penantang jam pintar Pebble.

Pesaing Pebble

Tinta elektronik atau e-ink merupakan teknologi layar yang berupaya menirukan tampilan tinta di atas kertas. E-ink dapat memantulkan cahaya layaknya kertas biasa.

Kemampuan tersebut membuat layar jenis ini lebih nyaman ketika digunakan untuk membaca. Teknologi ini pun cenderung membuat konsumsi daya lebih hemat.

Sebelumnya telah ada sejumlah smartwatch yang menggunakan e-ink sebagai layarnya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Pebble. Smartwatch tersebut dibekali kemampuan pencatat aktivitas dan bisa menampilkan notifikasi dari smartphone Android serta iOS.

Saat ini ada dua jenis yang telah beredar, Pebble Watch seharga 99 dollar AS dan Pebble Steel seharga 199 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.