WhatsApp, 700 Juta Pengguna 30 Miliar Pesan per Hari

Kompas.com - 07/01/2015, 13:25 WIB
ist
Aplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone
KOMPAS.com - Di tengah gempuran berbagai layanan pesan instan, WhatsApp tetap masih yang terbaik, setidaknya dalam hal jumlah pengguna.

Melalui akun Facebooknya, Jan Koum, CEO dan pendiri WhatsApp, mengumumkan bahwa aplikasi tersebut telah digunakan secara aktif oleh 700 juta penggunanya.

Jumlah pengguna aktif tersebut meningkat sekitar 16 persen dari Agustus 2014. Kala itu, layanan yang sudah dimiliki oleh Facebook ini telah digunakan secara aktif oleh 600 juta pengguna per bulannya.

"Sebagai informasi tambahan, pengguna layanan kami mengirimkan lebih dari 30 miliar pesan setiap harinya," tulis Koum.

Dalam hal jumlah pengguna aktif, dapat dikatakan WhatsApp masih menjadi nomor satu, diikuti Facebook Messenger dan WeChat. Seperti KompasTekno kutip dari GigaOm, Rabu (7/1/2015), pengguna aktif WeChat tercatat sebanyak 438 juta. Sementara, Facebook Messenger memiliki 500 juta pengguna.

Untuk menambah jumlah pengguna aktifnya, WhatsApp diyakini akan segera melakukan penyegaran di aplikasinya. Aplikasi ini dikabarkan akan kedatangan dua fitur baru, yakni voice call dan driving mode.

Fitur voice call itu sendiri dikatakan akan menggunakan teknologi yang diambil dari layanan Skype milik Microsoft. Ada pula deretan fitur-fitur lain yang terkait dengan fungsi voice call, seperti "Call Mute", "Call Hold," dan "Call Back".

Di samping itu terdapat keterangan fitur "Driving Mode", juga fungsi lain di mana aplikasi WhatsApp dapat membacakan pesan-pesan yang masuk selagi penggunanya mengemudi kendaraan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisDeliusno
EditorReza Wahyudi
SumberGigaOM

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X