Kompas.com - 08/01/2015, 09:17 WIB
Ilustrasi Windows 10 MicrosoftIlustrasi Windows 10
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Belum lama ini, situs Windows Phone Italy menjawab rasa penasaran bagi peminat yang ingin melihat wujud dari Windows 10 di perangkat mobile. Situs tersebut memamerkan gambar perangkat Lumia yang disinyalir berjalan di sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut.

Total, terdapat dua gambar yang dilansir oleh Windows Phone Italy. Gambar pertama memperlihatkan layar home. Sementara, gambar kedua terlihat seperti tampilan App Drawer.

Jika dugaan mengenai Windows 10 ini benar, tampilannya akan cukup berbeda dari Windows 8.1. Sistem operasi tersebut masih menampilkan berbagai kotak aplikasi, tetapi ada sedikit perubahan.

Seperti dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (8/1/2015), sistem operasi baru ini terlihat sudah bisa menampilkan wallpaper secara menyeluruh di bagian background atau belakang kotak aplikasi.

Sekadar informasi, pada Windows 8.1, wallpaper ditampilkan "mengisi" kotak aplikasi, bukan di bagian belakang kotak tersebut.

Windows Phone Italy
Tampilan yang diduga sebagai Windows 10
Selain itu, gambar Windows 10 ini menampilkan App Drawer atau "laci" tempat menyimpan semua ikon aplikasi yang terpasang. Pada Windows Phone generasi sebelumnya, semua ikon aplikasi ditumpuk di layar homescreen.

Microsoft mengumumkan kehadiran dari Windows 10 pada penghujung September 2014. Sayangnya, dari saat itu hingga kini, perusahaan raksasa software tersebut jarang membeberkan informasi perihal Windows 10 untuk smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Microsoft sendiri telah menghilangkan kata "Phone" dari sistem operasi terbarunya ini. Windows 10 memang dimaksudkan sebagai sistem operasi ponsel. Namun, OS ini juga akan dipakai di aneka perangkat lain, seperti tablet, PC Desktop, dan laptop sehingga menyeragamkan sistem operasi untuk semua jenis perangkat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.