Kompas.com - 08/01/2015, 11:08 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Beberapa judul game DOS koleksi Internet Archives

KOMPAS.com - Kangen dengan game komputer yang populer di era DOS? Kini para pengguna internet bisa memainkan aneka permainan lawas tersebut secara cuma-cuma di situs Internet Archives.

Internet Archives merupakan organisasi nirlaba yang berupaya melestarikan segala "artefak digital" umat manusia agar bisa diketahui dan bisa dipelajari oleh semua orang.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari ArsTechnica, daftar game DOS yang dimuat oleh Internet Archives  mencakup judul-judul klasik pada periode 80-an dan 90-an seperti Wolfenstein 3D dan Prince of Persia. Jumlah keseluruhannya mencapai lebih dari 2.300 buah.

Asyiknya, berbagai game itu bisa dimainkan lewat peramban lewat emulator DOS Em-DOSBOX. Kurator Internet Archives Jason Scott mengingatkan tak semua judul bisa berjalan dengan mulus.

"Beberapa (game) bisa gagal berjalan," kata Scott, sambil menambahkan bahwa pemain tidak bisa melakukan save-game di browser.

Meski demikian, tetap saja Internet Archives menyediakan kesempatan untuk kembali menengok satu jaman yang telah lama terlupakan di dunia komputer.

Sebelumnya, pada November lalu, Internet Archives juga telah mengumpulkan aneka judul game ding-dong alias arcade. Jumlahnya mencapai lebih dari 900 judul, mulai dari Street Fighter hingga Donkey Kong. Seperti game DOS yang tersimpan di situsnya, berbagai game arcade ini pun bisa dimainkan secara gratis lewat browser.

Penasaran? Kunjungi koleksi game DOS Internet Archive di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.