Kompas.com - 08/01/2015, 11:52 WIB
CEO Intel Brian Krzanich (paling kiri) mendemonstrasikan drone Real Sense 3D dalam ajang CES 2015 GizmodoCEO Intel Brian Krzanich (paling kiri) mendemonstrasikan drone Real Sense 3D dalam ajang CES 2015
Penulis Oik Yusuf
|
EditorEdi Taslim
CEO Intel Brian Krzanich (paling kiri) mendemonstrasikan drone Real Sense 3D dalam ajang CES 2015

KOMPAS.com - Mengendalikan drone bukanlah hal yang mudah. Salah-salah wahana terbang itu bisa menabrak sesuatu dan rusak, belum lagi menimbulkan cedera kalau yang ditabrak kebetulan adalah seorang manusia.

Bagaimana kalau drone bisa dibuat "pintar", mampu menghindari obyek-obyek di sekitarnya dan melakukan navigasi secara mandiri? Itulah yang dipamerkan oleh Intel dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang berlangsung di Las Vegas, AS, minggu ini.

Di panggung, Intel menerbangkan beberapa drone dengan teknologi Real Sense 3D yang mampu memetakan keadaan di sekitar.

"Aneka drone ini bisa menghindari rintangan. Pada kenyataannya, dunia di sekeliling memang penuh berisi rintangan-rintangan," ujar CEO Intel Brian Krzanich ketika berbicara di panggung, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari The Verge, Kamis (8/1/2015).

Untuk membuktikan ucapannya, Krzanich "menyuruh" salah satu drone untuk melewati sebuah jalur yang dipasangi aneka halangan. Drone yang bersangkutan pun terlihat terbang dengan cerdas, meliuk, dan berbelok untuk melewati rintangan di sekelilingnya.

Di ujung jalur terdapat sebuah pintu tertutup yang tak bisa dilewati. Drone sempat berpikir beberapa saat sebelum mengenali bahwa obyek tersebut adalah sebuah "pintu", lantas menunggu agar pintu dibukakan oleh si empunya drone.


Begitu pintu dibuka, drone pun melenggang masuk, disambut riuh tepuk tangan para hadirin acara keynote Intel. Demonstrasi ini bisa dilihat dalam video lansiran The Verge di bawah, mulai menit ke 5.30.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu, teknologi Real Sense 3D juga memungkinkan drone untuk menghindari tabrakan dengan manusia, yang ditunjukkan oleh Krzanich dengan bermain "ping-pong drone".

Selain itu, teknologi "wearable drone" Nixie yang menjadi pemenang kontes Intel Make It Wearable tahun lalu juga tak ketinggalan naik panggung. Drone mungil yang bisa dikenakan di pergelangan layaknya jam tangan ini bisa diterbangkan ke udara untuk mengambil selfie.

CNBC
Drone mungil Nixie yang bisa dipasang di pergelangan tangan dan terbang untuk mengambil selfie dari udara
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.