Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer Seukuran Flashdisk Bisa Jalankan Windows 8.1

Kompas.com - 08/01/2015, 13:18 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Intel mengumumkan sebuah komputer yang unik. Komputer ini mungil, hanya sebesar perangkat penyimpan data, USB flashdisk. Penggunanya bisa menjalankan sistem operasi Windows 8.1 sepenuhnya, seperti halnya pada komputer desktop.

Cukup menempelkannya pada slot HDMI sebuah monitor atau TV, komputer tersebut dapat beroperasi layaknya komputer desktop. Komputer ini pun dibekali konektivitas Bluetooth serta WiFi untuk terhubung ke internet.

Ukuran mungil tersebut dapat terwujud berkat teknologi prosesor mobile Intel. Kinerjanya memang hanya setingkat tablet. Namun, ukuran yang sekecil flashdisk membuatnya sangat mudah dibawa ke manapun. Penggunanya jadi bisa mengubah TV atau monitor menjadi PC, selama memiliki port HDMI.

Dapur pacu di Compute Stick, seperti KompasTekno kutip dari ZDNet, Kamis (8/1/2015), berupa prosesor Intel Atom Z3735F Bay Trail. Sementara, spesifikasi lainnya dibuat menyesuaikan sistem operasi yang diadopsi.

Compute Stick dengan sistem operasi Windows 8.1 dibekali dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Sedangkan pengadopsi sistem operasi Linux dibekali RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Pengadopsi Linux menggunakan RAM yang lebih kecil karena keperluan pengoperasiannya  tidak sebesar Windows.

Komputer yang dipamerkan di Concumer Electronic Show (CES) 2015 ini juga memiliki slot MicroSD. Pengguna bisa memanfaatkan slot ini bila merasa memori internal yang disediakan sudah tidak cukup.

Sayangnya, komputer mungil ini tidak dapat mengisi daya via port HDMI. Pengisian daya cuma bisa dilakukan via micro-USB, harus dicopot dan dengan charger terpisah.

Compute Stick rencananya akan mulai dijual pada Maret 2015. Versi Windows-nya dibanderol seharga 149 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta dan versi Linux dibanderol 89 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com