Kompas.com - 08/01/2015, 13:18 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Intel mengumumkan sebuah komputer yang unik. Komputer ini mungil, hanya sebesar perangkat penyimpan data, USB flashdisk. Penggunanya bisa menjalankan sistem operasi Windows 8.1 sepenuhnya, seperti halnya pada komputer desktop.

Cukup menempelkannya pada slot HDMI sebuah monitor atau TV, komputer tersebut dapat beroperasi layaknya komputer desktop. Komputer ini pun dibekali konektivitas Bluetooth serta WiFi untuk terhubung ke internet.

Ukuran mungil tersebut dapat terwujud berkat teknologi prosesor mobile Intel. Kinerjanya memang hanya setingkat tablet. Namun, ukuran yang sekecil flashdisk membuatnya sangat mudah dibawa ke manapun. Penggunanya jadi bisa mengubah TV atau monitor menjadi PC, selama memiliki port HDMI.

Dapur pacu di Compute Stick, seperti KompasTekno kutip dari ZDNet, Kamis (8/1/2015), berupa prosesor Intel Atom Z3735F Bay Trail. Sementara, spesifikasi lainnya dibuat menyesuaikan sistem operasi yang diadopsi.

Compute Stick dengan sistem operasi Windows 8.1 dibekali dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Sedangkan pengadopsi sistem operasi Linux dibekali RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Pengadopsi Linux menggunakan RAM yang lebih kecil karena keperluan pengoperasiannya  tidak sebesar Windows.

Komputer yang dipamerkan di Concumer Electronic Show (CES) 2015 ini juga memiliki slot MicroSD. Pengguna bisa memanfaatkan slot ini bila merasa memori internal yang disediakan sudah tidak cukup.

Sayangnya, komputer mungil ini tidak dapat mengisi daya via port HDMI. Pengisian daya cuma bisa dilakukan via micro-USB, harus dicopot dan dengan charger terpisah.

Compute Stick rencananya akan mulai dijual pada Maret 2015. Versi Windows-nya dibanderol seharga 149 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta dan versi Linux dibanderol 89 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.