Kompas.com - 08/01/2015, 16:22 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Seperti dirumorkan sebelumnya, LG ternyata memang membuat smartwatch berbasis WebOS. Keberadaan smartwatch itu terkuak dalam ajang konferensi pers Audi di Consumer Electronic Show (CES) 2015, Rabu (8/1/2015).

Smartwatch tersebut saat acara melingkar di lengan bos Audi Dr. Ulrich Hackenberg. Ia menggunakannya untuk memanggil mobil tanpa pengemudi yang sedang didemokan.

Bos Audi itu mengatakan smartwatch tersebut hanya purwarupa saja dan belum memiliki nama.

Setelah ditelusuri, dikutip KompasTekno dari Android Central, smartwatch misterius tersebut terlihat menggunakan sistem operasi WebOS.

Saat dilihat lebih dekat, smartwatch ini memiliki sejumlah ikon dengan bentuk mirip antarmuka (user interface) besutan LG. Pada bagian Setting pun tercetak nama LG W.

WebOS tersebut dulunya dikembangkan oleh Palm dan dirancang sebagai sistem operasi ponsel. Pada 2010, Palm dibeli oleh HP.

Kemudian pada 2013, LG membeli WebOS dari HP. Pembelian tersebut termasuk paten, sejumlah karyawan dan source code-nya.

LG telah mengungkap bahwa mereka sedang mengerjakan WebOS untuk diadopsi dalam smartwatch. Namun belum ada kabar lanjutan tentang wujud smartwatch tersebut, hingga Hackenberg memakainya untuk mengendalikan mobil Audi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.