Ini Foto 1,5 Gigapiksel yang Tampilkan 100 Juta Bintang

Kompas.com - 08/01/2015, 21:02 WIB
Potongan galaksi Andromeda dalam foto 1,5 gigapixel lansiran NASA NASAPotongan galaksi Andromeda dalam foto 1,5 gigapixel lansiran NASA
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Potongan galaksi Andromeda dalam foto 1,5 gigapixel lansiran NASA

KOMPAS.com — Seperti apa rupa 100 juta bintang di angkasa? Pemandangan itu terangkum dalam sebuah foto raksasa dari galaksi Andromeda yang dirilis oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa AS (NASA).

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari PetaPixel, Kamis (8/1/2015), foto yang menampilkan potongan bagian galaksi spiral Andromeda selebar 40.000 tahun cahaya tersebut ditangkap memakai teleskop Hubble. Resolusi totalnya mencapai 1,5 gigapiksel (1.500 megapiksel).

Saking besarnya, dibutuhkan 600 televisi HD untuk menampilkan keseluruhan foto dalam resolusi asli. Akan tetapi, ada juga cara lain untuk melihat pemandangan itu, yakni dengan mengunjungi wigdget foto interaktif di tautan ini.

NASA
Detil foto galaksi Andromeda dari NASA. Tiap titik terang, besar maupun kecl, merupakan sebuah bintang

Pengguna YouTube bernama daveachuk mengambil rangkaian foto dari NASA dan membuat video flythrough berdurasi tiga menit yang bisa dilihat di bawah.

Setiap titik terang dalam foto, besar ataupun kecil, adalah sebuah bintang. Tiap-tiap bintang memiliki setidaknya satu planet. Banyak planet yang juga memiliki satelit berupa bulan.

Diperkirakan, sebanyak 1 triliun bintang menghuni Andromeda, dua kali lebih banyak dibandingkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti.



Sumber PetaPixel
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X