Demi iPhone 6, Pencuri Rela Gali Lubang

Kompas.com - 09/01/2015, 07:35 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Ada-ada saja cara yang dilakukan maling iPhone untuk mendapat barang incarannya. Seperti dikutip KompasTekno dari Xinhua News, Jumat (9/1/2014), tiga orang pria Tiongkok ditangkap polisi lantaran mencuri iPhone yang tersimpan di sebuah gudang di Beijing.

Sekelompok pencuri tersebut masuk ke gudang dengan menggali lubang berdiameter 50cm di tembok bangunan bersangkutan, tanggal 12 dan 13 Desember 2014. Hari itulah mereka menyusup dan mencuri 240 unit iPhone 6 dari gudang.

Salah satu anggota kelompok pencuri yang bernama belakang "Chang" adalah mantan sopir di perusahaan logistik pemilik gudang yang dibobol.

Nilai keseluruhan barang yang digondol para maling mencapai 1,4 juta yuan atau hampir Rp 3 miliar. Ketiga pria menjual iPhone hasil curian, kemudian berfoya-foya dengan cara  membelanjakannya untuk membeli mobil, emas, dan berjudi.

Mereka akhirnya dicokok pada akhir bulan lalu setelah pihak berwenang menelusuri nomer seri iPhone yang dicuri.

Berkat meningkatnya penjualan yang didorong oleh China Mobile, operator seluler terbesar di Tiongkok, Negeri Tirai Bambu itu belakangan mengalahkan AS sebagai pasar terbesar untuk iPhone, ponsel pintar besutan Apple.

Lembaga riset pasar UBS memperkirakan bahwa 35 persen dari keseluruhan unit iPhone yang dikapalkan pada kuartal lalu diserap oleh pasar Tiongkok, melebihi AS yang mengambil jatah 24 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Xinhua
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.