Kebijakan Menteri Jonan Jadi Bahan Candaan di Medsos

Kompas.com - 09/01/2015, 14:53 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA TRIBUN NEWS / DANY PERMANAMenteri Perhubungan Ignasius Jonan, diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pasca-kecelakaan maskapai Indonesia AirAsia penerbangan QZ8501 mendapat beragam respons dari netizen (pengguna internet) di Indonesia.

Respons para netizen tersebut sebagian besar mengkritik peraturan-peraturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

Peraturan tersebut adalah kewajiban briefing atau pengarahan secara tatap muka antara pilot dan flight operation office (FOO). Peraturan lainnya mengenai kewajiban maskapai penerbangan untuk menunggu izin dari Kemenhub jika terjadi flight diversion, pesawat mendarat kembali ke bandara atau return to base (RTB), dan pesawat kembali ke tempat parkir atau apron karena kendala, atau return to apron (RTA).

Jonan sudah sempat melemparkan wacana peningkatan batas tarif bawah, yang semula 30 persen dari batas atas, menjadi 40 persen.

Bentuk protes-protes itu disampaikan secara kreatif dalam bentuk meme (gambar candaan atau sindiran) yang kini banyak beredar di jejaring sosial.

Menurut pantauan KompasTekno, meme-meme yang mengkritik kebijakan Menteri Perhubungan tersebut muncul setelah mantan Direktur PT Kereta Api Indonesia ini mengeluarkan aturan pengarahan tatap muka wajib antara pilot dan FOO sebelum terbang.

Berikut adalah beberapa meme yang berhasil dikumpulkan KompasTekno dari berbagai media sosial:

ist Meme yang mengkritisi kebijakan Menhub, Ignasius Jonan
ist Meme yang mengkritisi kebijakan Menhub, Ignasius Jonan
Ada pula meme yang menunjukkan sikap kritis terhadap aturan setiap pesawat yang RTB, RTA, atau mengalihkan pendaratan untuk melaporkannya ke otoritas penerbangan, yang kemudian diinvestigasi sebelum diperbolehkan terbang kembali.

ist Meme yang mengkritisi kebijakan Menhub, Ignasius Jonan
ist Meme yang mengkritisi kebijakan Menhub, Ignasius Jonan
Selain itu, netizen juga bersikap kritis terhadap wacana Kemenhub yang akan menaikkan tarif batas bawah tiket pesawat terbang, dari 30 persen harga tertinggi, menjadi 40 persen. Menurut Jonan, tarif murah bisa membahayakan keselamatan maskapai LCC.

ist
Meme yang mengkritisi kebijakan Menhub, Ignasius Jonan
Ada juga meme yang menyindir bahwa Menhub yang dari latar belakang perusahaan kereta api tidak memiliki pengetahuan yang cukup, atau tidak memiliki staf ahli yang mengerti permasalahan dunia penerbangan. Meme sindiran itu menggambarkan kereta api yang bisa terbang, lengkap dengan mesin dan sayapnya.

ist
Meme yang mengkritisi kebijakan Menhub, Ignasius Jonan

ist Meme yang mengkritisi kebijakan Menhub, Ignasius Jonan
Ada juga yang mengekspresikan rasa waswas mereka jika kebijakan-kebijakan baru yang dibuat Menhub Ignasius Jonan justru akan mematikan industri penerbangan di Indonesia, seperti tergambar dalam dua meme berikut ini:

ist
Meme yang mengkritisi kebijakan Menhub, Ignasius Jonan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X