Kompas.com - 12/01/2015, 08:05 WIB
Qualcomm SafeSwitch Phone ArenaQualcomm SafeSwitch
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Wacana “kill switch” alias fitur untuk mematikan smartphone secara permanen dari jarak jauh ramai dibicarakan sebagai sarana untuk menekan angka pencurian smartphone dan kehilangan data.

Sistem operasi Android 5.0 Lollipop terbaru telah dilengkapi dengan kill switch, begitu juga iOS 8 dan Windows Phone 8.1.

Memasuki 2015, kemampuan “tombol bunuh diri” ini semakin banyak diterapkan oleh para produsen hardware dan software. Salah satunya adalah Qualcomm yang membenamkan kill switch dalam chip mobile terbarunya, Snapdragon 810.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin, (12/1/2014), fitur bernama SafeSwitch itu nantinya memungkinkan pengguna perangkat berbasis Snapdragon 810 untuk menyetel password, menghapus dan mengembalikan data, serta mencari lokasi dan mengunci perangkat yang dicuri dari jarak jauh.

Qualcomm mengklaim bahwa pengamanan SafeSwitch hampir tak bisa ditembus karena berbasis hardware yang tertanam langsung pada chip Snapdragon 810. SafeSwitch diaktifkan pada tahap awal proses booting, sebelum loading firmware.  

SafeSwitch sebenarnya telah diperkenalkan sejak September tahun lalu, namun baru belakangan ini dipastikan bakal hadir pada Snapdragon 810. Belum diketahui kapan chip lain dari Qualcomm akan memperoleh fitur serupa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.