Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa OS Buatan Korea Utara?

Kompas.com - 12/01/2015, 09:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Korea Utara mempunyai sistem operasi (OS) buatan sendiri, layaknya Windows atau Mac. OS Tersebut bernama Red Star. Hal menariknya adalah, sistem operasi ini ternyata punya tampilan mirip dengan Mac.

Red Star merupakan OS dikembangkan oleh Korea Computer Center di Pyongyang. Pembuatannya berdasarkan Linux yang dapat dimodifikasi dengan bebas.

Pada versi 2.0, OS ini memiliki tampilan yang mirip dengan Windows. Sementara bocoran yang paling baru adalah versi 3.0, yang disebut mirip dengan OS X pada Mac.

Seperti dikutip KompasTekno dari The Next Web, Senin (12/1/2015), bocoran tampilan terbaru Red Star tersebar dari Will Scott, seorang ilmuwan komputer yang disebut menjadi pengajar di Korea utara. Dia membeli salinan Red Star 3.0 dan mengunggah screenshot-nya ke internet.

Kemiripan tersebut tidak tanggung-tanggung. Mulai dari putaran mouse saat loading sampai tampilan pengaturan layar dibuat sangat mirip.


Screen Setting pada Red Star

Selain tampilan yang mirip Mac, OS ini dilengkapi peramban khusus bernama Naenara, yang dalam bahasa Korea berarti “Negaraku”. Peramban tersebut adalah hasil modifikasi dari Mozilla Firefox. Fungsinya untuk menjelajahi portal Naenara dalam jaringan intranet Kwangmyong.

Red Star juga dilengkapi dengan editor teks, aplikasi email, pemutar musik dan video serta games. Di dalam paket OS ini juga disematkan Wine, sebuah alat yang membuat aplikasi Windows bisa digunakan di Linux.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com