Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Langka Ditawar Rp 1 Miliar

Kompas.com - 12/01/2015, 11:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Geek.com
Game Family Fitness Stadium Events yang dilelang di eBay

KOMPAS.com - Kadang sebuah barang bisa bernilai luar biasa karena kelangkaannya. Tak terkecuali cartridge alias “kaset” video game. Misalnya saja permainan Nintendo berjudul Family Fitness Stadium Events dari Bandai ini.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Geek.com, Senin (12/1/2015), sebuah cartridge Stadium Events sedang dilelang di situs online eBay.

Angka penawaran atas item yang masih berada dalam kemasan aslinya ini sudah mencapai nilai fantastis, nyaris 100.000 dollar AS atau lebih dari Rp 1,2 miliar. Padahal, lelang baru akan ditutup minggu depan sehingga ada kemungkinan harga akhirnya akan lebih tinggi lagi.

Apa yang membuat Stadium Events begitu langka dan berani ditawar mahal? Game ini pada awalnya memang dirilis dalam jumlah terbatas oleh Bandai pada 1987, dengan maksud membundel dengan aksesoris matras Family Fun Fitness dari perusahaan bersangkutan.

Tapi Nintendo kemudian melisensi teknologi matras Bandai untuk dibundel dengan versi baru dari konsol game buatannya. Stadium Events pun ditarik dari pasaran.

Hanya ada 2.000 buah cartridge Stadium Events yang diproduksi. Dari jumlah itu, cuma 200 yang berhasil didistribusikan ke toko-toko ritel. Angka penjualan yang sebenarnya tak diketahui.

Yang jelas, hanya ada dua cartridge Stadium Events yang diketahui masih tersimpan dalam kemasan aslinya yang berupa plastik akrilik bening. Salah satunya adalah item yang dilelang lewat eBay tadi.

Si penjual barang mengaku sebagai mantan pegawai Nintendo yang membeli cartridge game itu pada awal 90-an. Siapapun yang membelinya kemungkinan besar tidak akan “memainkan” game Stadium Events dan hanya akan menyimpannya sebagai barang koleksi.

Kendati demikian, sebuah video YouTube bisa memberikan gambaran bagi mereka yang penasaran seperti apa rupa video game Rp 1,2 miliar. Selengkapnya bisa dilihat dalam tayangan di bawah.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Geek.com


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com