Kominfo Akan Atur Spesifikasi Perangkat NFC

Kompas.com - 12/01/2015, 15:28 WIB
Ilustrasi NFC Ilustrasi NFC
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengatur persyaratan teknis untuk perangkat-perangkat yang mendukung teknologi NFC (Near Field Communication) yang beredar di Indonesia.

Untuk itu, Kemkominfo saat ini membuka sesi konsultasi publik sebelum Rancangan Peraturan Menteri Kominfo tentang Persyaratan Teknis NFC tersebut disahkan.

NFC (Near Field Communications) adalah teknologi komunikasi nirkontak yang menggunakan gelombang radio dengan cara menyentuhkan atau mendekatkan perangkat yang terkait dalam jarak dekat.

Dikutip KompasTekno dari siaran pers yang dimuat di situs Kominfo, Kamis (8/1/2015), Rancangan Peraturan Menteri tersebut nantinya akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pengujian perangkat NFC.

Adapun rancangan Peraturan Menteri yang dimaksud antara lain mengatur Ketentuan umum yang meliputi definisi, konfigurasi, singkatan dan istilah yang digunakan.

Selain itu dalam Peraturan Menteri tersebut juga akan ditentukan persyaratan teknis perangkat NFC, kelengkapan pengujian perangkat NFC, serta pelaksanaan pengujian perangkat NFC.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan tentang Rancangan Peraturan Menteri mengenai Persyaratan Teknis Perangkat NFC dapat memberikan masukan secara tertulis melalui email siti_ch@postel.go.id dan pehaes@postel.go.id dari tanggal 8 hingga 22 Januari 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Kominfo, pembuatan Rancangan Peraturan Menteri mengenai Persyaratan Teknis Perangkat NFC tersebut Sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam pasal 71 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.

Dalam PP tersebut dikatakan, setiap alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, dimasukkan untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.