Kompas.com - 12/01/2015, 19:08 WIB
ilustrasi penerjemahan ilustrasi penerjemahan
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Google Translate akan dibekali fitur penerjemah pembicaraan secara real time. Sebelumnya, pengguna harus merekam pembicaraan, lalu menanti beberapa waktu untuk memperoleh hasil terjemahan.

Raksasa internet itu pun dikabarkan sedang menggarap pemutakhiran aplikasi mobile Google Translate. Pemutakhiran ini dibekali fitur yang membuatnya otomatis mendeteksi pembicaraan, lalu menerjemahkannya.

Seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Senin (12/1/2015), Google memanfaatkan teknologi cloud dengan aplikasi mobile untuk mewujudkan penerjemahan real time tersebut.

Fitur penerjemahan ini jadi bermanfaat bagi para pelancong karena bisa dijangkau dengan mudah menggunakan aplikasi. Penggunanya cukup menyalakan aplikasi, lalu memegang smartphone-nya sambil berbicara, terjemahan pun langsung diproses.

Selain penerjemah pembicaraan, Google Translate saat ini telah sanggup menerjemahkan 90 bahasa secara tertulis.

Google Translate juga sudah diterapkan untuk menerjemahkan laman web. Fitur penerjemah laman web ini disematkan dalam peramban Chrome dan dijalankan hanya dengan satu klik pada ikon Google Translate.

Fitur penerjemahan real time bukanlah hal baru. Sebelumnya, Microsoft telah menerapkan ide itu ke dalam Skype di Windows 8.1. Hasilnya membuat pengguna yang berbeda bahasa bisa langsung bercakap-cakap tanpa harus mempelajari bahasa masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.