Target Meleset, OnePlus Akui Salah Strategi

Kompas.com - 13/01/2015, 07:41 WIB
Desain kotak pembungkus OnePlus One disertai dengan tali yang apabila ditarik akan membuka boks smartphone. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comDesain kotak pembungkus OnePlus One disertai dengan tali yang apabila ditarik akan membuka boks smartphone.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Karl Pei, CEO dari perusahaan startup OnePlus yang memproduksi smartphone OnePlus One mengatakan bahwa angka penjualan perangkatnya tersebut sudah mendekati 1 juta unit di akhir tahun 2014.

Namun, Pei tidak memberikan keterangan berapa angka pasti jumlah penjualan OnePlus sepanjang 2014 lalu.

Sebelumnya, pada November 2014, Pei mengakui penjualan OnePlus One telah menembus angka 500 ribu unit. Pei menargetkan penjualan OnePlus One bisa tembus 1 juta unit di akhir 2014.

Terhadap target penjualan yang tidak sesuai harapan tersebut, Pei mengaku OnePlus salah strategi.

"Pada dasarnya kami belum siap mengantisipasi apa yang bakal terjadi, kami mengira permintaan hanya berasal dari Tiongkok saja di tahun pertama ini," demikian ujar Pei seperti dikutip KompasTekno dari PC World, Selasa (13/1/2015).

Sistem penjualan dengan undangan (invitation) juga kini telah dihapus, sehingga makin banyak peminat OnePlus One yang bisa memesannya langusng di website mereka.

OnePlus One adalah salah satu smartphone murah dengan hardware unggul yang diluncurkan di tahun lalu. Perangkat tersebut dijual dengan banderol harga 349 dolar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pei mengakui bahwa perusahaan hanya mendapat keuntungan dalam jumlah single digit saja dari setiap penjualan smartphone-nya. Pemasukan OnePlus lebih bergantung pada aksesoris yang mereka jual, seperti earphone, flip cover, screen protector, swap backcover, dan sebagainya.

Selain berjualan aksesoris fisik, OnePlus tahun depan berencana membangun layanan software dan service untuk menggenjot pendapatan. Layanan tersebut rencananya baru akan digelar setelah OnePlus digunakan oleh jutaan pengguna.

OnePlus juga disebut-sebut sedang menyiapkan penerus OnePlus One saat ini. Perangkat yang diberi nama sandi Lettuce itu kabarnya memiliki ukuran layar lebih kecil dari 5,5 inci dan akan dirilis  pada 2015.



Sumber PC World

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X