Kompas.com - 13/01/2015, 11:02 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Lazada Indonesia mengatakan sedang menginvestigasi aksi peretasan yang dilakukan oleh Gantengers Crew terhadap situs belanja online mereka, dan memastikan bahwa data konsumen tetap aman.

Saat dihubungi KompasTekno, Selasa (13/1/2015) pagi, pihak Lazada Indonesia secara tidak langsung mengakui terjadinya aksi peretasan tersebut dan saat ini sedang melakukan investigasi.

"Iya, saat ini kami sedang meginvestigasi, benar atau tidak (adanya aksi peretasan)," ujar Tania Amalia, Public Relation Manager Lazada Indonesia kepada KompasTekno.

Tania menambahkan, saat ini data konsumen adalah yang utama untuk diselamatkan. "Data konsumen menjadi prioritas kami saat ini, data-data itu tidak semudah itu bisa diambil (dari server Lazada)," demikian imbuh Tania.

Seperti diberitakan sebelumnya, kelompok peretas yang menamakan dirinya Gantengers Crew diduga telah membobol sistem keamanan situs belanja online, Lazada Indonesia.

Pantauan KompasTekno pada Selasa (13/1/2015) pagi, tautan yang menuju halaman promo Lazada dengan URL http://promo.lazada.co.id/gc.php menampilkan halaman hitam dengan tulisan "Gantengers Crew pwnz u."

Identitas para peretas pun ditulis di bawahnya, mereka menggunakan nama SultanHaikal, d3b~X, Index Php, Coup De Grace, Brian Kamikaze, dan Mdn_Newbie.

Meski pelaku berhasil menyusupkan sebuah halaman ke situs Lazada, belum tentu data konsumen sudah terekspos. Bisa jadi situs tersebut memiliki sistem atau pengamanan yang berbeda untuk data konsumen (back end) dan tampilan situs (front end).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.