Kenapa Benny Muliawan Bisa Daftarkan BMW.id?

Kompas.com - 14/01/2015, 12:23 WIB
Benny Muliawan disomasi BMW Ahmad Faizal/Kompas.comBenny Muliawan disomasi BMW
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Bayerische Motoren Werke AG (BMW) ketar-ketir. Penyebabnya adalah domain bmw.id, yang umum dikenal sebagai akronim merek dagangnya, justru menjadi hak milik pihak lain. Pemiliknya adalah Benny Muliawan. Tapi mengapa bisa?

Ketua Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) Bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo mengatakan domain apapun.id memang bisa dimiliki oleh perorangan atau institusi.

Dalam kasus ini, Benny lah yang lebih dahulu mendaftarkan nama domain bmw.id.
Sebelum mendaftarkan singkatan itu sebagai nama domainnya, Benny sudah mematenkan merek "bmw" sebagai singkatan namanya. Pendaftaran dilakukannya jauh sebelum pendaftaran domain apapun.id dibuka.

"Dia sudah mendaftarkan merek bmw sebagai merek singkatan namanya kepada Ditjen Haki Kemenkumhan. Form pendaftaran inilah yang kemudian digunakan untuk mendaftarkan nama domain bmw.id pada periode prioritas," terang Sigit kepada KompasTekno, Rabu (14/1/2015).

Periode prioritas yang dimaksud adalah 20 Februari - 17 April 2014. Ada 807 domain .id yang didaftarkan pada periode tersebut .

Saat itu, Pandi memberikan waktu khusus agar pemegang merek mendaftarkan diri. Prosedur itu ditetapkan oleh Pandi  bersama Forum Nama Domain Indonesia dan berkonsultasi dengan Ditjen Haki.

Namun, menurut keterangan Sigit, dalam rentang 3 bulan itu BMW justru tidak ikut mendaftar. "Pihak BMW Jerman sama sekali tidak mendaftarkan nama tersebut. Jadi domain bmw.id sah digunakan oleh Saudara Benny Muliawan."

Benny Muliawan sehari-hari dikenal sebagai direktur perusahaan konsultan merek BNL Patent. Pria ini kini disomasi oleh BMW.

BMW, raksasa otomotif asal Jerman, melalui kuasa hukumnya Suryomurcito meminta Benny untuk menonaktifkan domain, menyerahkannya pada BMW, dan meminta pernyataan mengakui memakai nama BMW.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X