Samsung Siapkan Dana Rp 94,3 Triliun untuk Beli BlackBerry

Kompas.com - 15/01/2015, 04:59 WIB
Samsung harus menghadapi persaingan ketat dengan Lenovo dan Xiaomi. BBCSamsung harus menghadapi persaingan ketat dengan Lenovo dan Xiaomi.
Penulis Bayu Galih
|
EditorBayu Galih

NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, dikabarkan sudah melakukan pendekatan untuk membeli BlackBerry. Dana sebesar 7,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 94,3 triliun sudah disiapkan Samsung untuk membeli produsen smartphone asal Kanada tersebut.

Dilansir dari laman Reuters, Kamis (15/1/2015), seorang sumber yang mengetahui pembicaraan ini mengatakan, Samsung mengincar portfolio paten milik BlackBerry.

Sumber itu melanjutkan, Samsung sudah mengajukan tawaran senilai 13,25 dollar AS hingga 15,49 dollar AS per lembar saham BlackBerry. Nilai yang diajukan ini lebih tinggi sekitar 38 persen hingga 60 persen dari harga saham BlackBerry saat ini.

Eksekutif dari dua perusahaan itu juga dikabarkan sudah melakukan pertemuan pekan lalu untuk mendiskusikan kemungkinan terjadinya kesepakatan.  

Saham BlackBerry langsung melonjak hingga 30 persen dalam waktu singkat, saat perdagangan sore di bursa saham New York.

Menurut dokumen yang didapat Reuters, tawaran ini diprediksi akan menaikkan nilai perusahaan BlackBerry menjadi 6 miliar dollar AS hingga 7,5 miliar dollar AS. Nilai ini didapat dengan asumsi nilai konversi sebesar 1,25 miliar dollar AS dari convertible debt.

Di November 2014, BlackBerry mengumumkan kerja sama keamanan tingkat tinggi dengan Samsung. Kerja sama ini akan memadukan platform keamanan milik BlackBerry dengan platform keamanan yang dimiliki Samsung.

Sayangnya, hingga saat ini kedua perusahaan itu belum memberikan komentar terkait rencana ini.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X