Kompas.com - 15/01/2015, 12:03 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Twitter sedang mengekspansi ruang lingkupnya menjadi lebih luas. Tak hanya sekadar berperan meramaikan ekosistem media sosial, Twitter juga mengajak para netizen untuk membuat perusahaan rintisan digital atau startup, pada ranah pembuatan aplikasi.

Setelah meluncurkan "Fabric Programming Kits", sebuah aplikasi untuk mempermudah netizen membangun aplikasi, Twitter juga membuat acara "Flock". Acara tersebut berbentuk roadshow keliling dunia untuk mengadakan seminar terkait pengembangan aplikasi.

Yang paling baru dari rangkaian upaya Twitter untuk mendorong pertumbuhan startup, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dikutip KompasTekno, Kamis (15/1/2015),  adalah meluncurkan Hatch, sebuah kontes bagi para pendiri startup.

Pemenang kontes berhak mendapat dana hibah 25 dolar AS atau sekitar Rp 300 juta. Sedangkan juara kedua akan mendapat kredit iklan untuk mempromosikan aplikasinya di Twitter. Selain itu, juara kedua juga berkesempatan berbincang secara personal dengan para eksekutif Twitter.

Lomba tersebut dimulai hari Kamis ini dan finalis akan diumumkan pada 22 Juni mendatang.

Strategi Twitter mengadakan lomba bagi pembuat startup ini, menurut sumber dari Engadget, sulit diklaim sebagai langkah efektif atau sebaliknya. Alasannya, lomba tersebut hanya merangkul startup yang menggunakan aplikasi Fabric, sehingga tidak memberi kesempatan kepada semua pendiri startup.

Lebih lanjut, Twitter belum menjabarkan kesepakatan dengan para pengembang aplikasi yang menang. Apakah selamanya pengembang akan berada di bawah bayang-bayang Twitter atau dapat berkembang secara mandiri?

Selain itu, beberapa anggapan juga menduga Hatch dan Flock dibuat untuk mendorong kunjungan netizen ke situs Twitter. Belum ada tanggapan dari pihak Twitter atas dugaan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber ENGADGET



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.