Pertama Kali, Toko Aplikasi Android Kalahkan Apple

Kompas.com - 15/01/2015, 12:41 WIB
Ilustrasi UbergizmoIlustrasi
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Untuk kali pertama, toko aplikasi Google Play Store berhasil mengalahkan Apple App Store dalam hal jumlah dan pertumbuhan aplikasi yang tersedia. Capaian ini diraih toko aplikasi Android pada 2014, seperti ditertuang dalam laporan yang dirilis Appfigures.

Laporan tersebut menyebutkan, Play Store kini memiliki 1,43 juta aplikasi Android berbanding 1,21 juta yang terdapat di Apple App Store.

Tahun lalu, Play Store mencatat pertumbuhan jumlah aplikasi lebih dari 200 persen. Sedangkan, App Store juga mencatat pertumbuhan yang tinggi namun masih di bawah Play Store, hampir 160 persen.

Dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Kamis (15/1/2014), tak hanya soal aplikasi baru, Play Store juga unggul dalam hal pertumbuhan komunitas pengembang aplikasinya (developer).

Untuk soal ini, Google Play Store sudah mengalahkan Apple selama tiga tahun berturut-turut.

Saat ini, aplikasi-aplikasi Android di Play Store tercatat dikembangkan oleh lebih dari 388.000 developer dari seluruh dunia.

Keunggulan baik dalam hal jumlah aplikasi dan pengembangnya sudah seharusnya dipegang oleh Google. Alasannya, Google tidak menerapkan peraturan yang terlalu ketat kepada developer dalam memasukkan aplikasi ke Play Store. Berbeda dengan Apple yang terkenal sangat  ketat dalam menyaring aplikasi yang akan masuk ke App Store.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.