Kompas.com - 16/01/2015, 08:13 WIB
Proyek ponsel rakitan yang disebut Project Ara, kini dikembangkan oleh Google GoogleProyek ponsel rakitan yang disebut Project Ara, kini dikembangkan oleh Google
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Proyek ponsel rakitan yang disebut Project Ara, kini dikembangkan oleh Google

KOMPAS.com - Warga Puerto Rico tak lama lagi akan bisa mencicipi kebolehan smartphone "rakitan" Project Ara dari Google. Negara di Kepulauan Karibia ini rencananya akan menjadi lokasi program percontohan Project Ara yang bakal digelar pada paruh kedua 2015.

Nantinya ponsel-ponsel Project Ara akan dibawa berkeliling menggunakan kendaraan serupa truk makanan, sehingga para peminat bisa melihat-lihat dan mencoba perangkat tersebut.

Kepala Project Ara Paul Eremenko mengatakan alasan pihaknya menggelar percontohan pasar adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang Project Ara, terutama soal banyaknya pilihan yang ditawarkan ponsel rakitan itu.

"Kami harus memilih dan mengatur bagaimana menampilkan banyak pilihan tersebut tanpa membuat bingung konsumen," kata Eremenko, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (16/1/2015).

Project Ara sendiri merupakan proyek smartphone modular yang pertama dikembangkan oleh Motorola pada 2012 lalu, kemudian diteruskan oleh Google.

Proyek ini bertujuan membikin ponsel pintar yang aneka komponennya -seperti kamera, layar, dan baterai- bisa diganti-ganti, dipasang atau dicopot sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Komponen-komponen tersebut dikemas dalam bentuk modul yang bisa dipasangkan ke smartphone seperti ilustrasi dalam video di bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ponsel Project Ara sudah meluncur nanti, Google berencana menawarkan antara 20 hingga 30 modul Ara yang terbagi ke dalam 10 jenis kategori.

Sebuah aplikasi manager akan disertakan untuk mengatur kerja modul-modul yang terpasang. Ketika pengguna memasang dua kamera, misalnya, software ini akan menentukan kamera mana yang akan dihidupkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.