Kamera "GoPro" ala Apple Dikontrol dari Jam

Kompas.com - 16/01/2015, 11:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Dokumen paten produk kamera Apple dan jam tangan pengendalinya
KOMPAS.com - Kategori produk kamera tangguh alias action camera ala GoPro rupanya sedang banyak dilirik oleh para pemain industri gadget. Setelah beberapa pabrikan seperti HTC dan Sony, kini giliran Apple yang diketahui memiliki rencana pembuatan kamera mirip GoPro.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari The Next Web, hal tersebut diketahui dari hak paten atas kamera bersangkutan yang diberikan Kantor Paten dan Merk Dagang AS (USPTO) kepada Apple awal minggu ini.

Dalam dokumen paten yang diajukan pada 2012 itu, dijelaskan bahwa kamera tangguh Apple bisa dikendalikan lewat perangkat serupa jam tangan. Belum jelas apakah "jam tangan" yang dimaksud tak lain merupakan Apple Watch atau bukan.

Pengendalian melalui jam tangan dimaksudkan untuk kontrol secara remote saat pengguna tidak bisa meraih tombol kendali secara langsung di tubuh kamera.

Disebutkan juga bahwa kamera tersebut memiliki beberapa sensor sehingga bisa merekam video dari berbagai arah sekaligus. Selain itu ia turut dilengkapi dengan kamera bawah air yang dioptimalkan untuk perekaman saat berenang atau menyelam.

Kamera Apple saat ini baru sebatas paten. Belum tentu ia akan benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi. Akan tetapi, dokumen tersebut setidaknya bisa memberikan gambaran mengenai bidang baru yang dilirik oleh Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.