Xiaomi Mi Note Bukan Penerus Redmi Note

Kompas.com - 16/01/2015, 13:03 WIB
Vice President Global Xiaomi, Hugo Barra memamerkan Mi Note di Beijing, Kamis (15/1/2014). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comVice President Global Xiaomi, Hugo Barra memamerkan Mi Note di Beijing, Kamis (15/1/2014).
|
EditorReza Wahyudi
BEIJING, KOMPAS.com - Banyak yang salah mengartikan pilihan nama yang digunakan oleh vendor smartphone Tiongkok, Xiaomi untuk produk barunya yang diluncurkan pada Kamis (15/1/2015), yaitu Mi Note. Banyak yang menganggap Mi Note merupakan penerus dari Redmi Note yang sudah beredar sebelumnya.

Apa alasan Xiaomi mengusung nama Mi Note yang bisa salah diartikan sebagai penerus ponsel entry level Redmi Note?

Ditemui setelah acara peluncuran, Vice President Global Xiaomi, Hugo Barra menceritakan kepada KompasTekno, mengapa nama Mi Note tersebut yang akhirnya dipilih.

Menurut Hugo, Xiaomi saat ini memiliki portofolio smartphone seri Redmi untuk kelas entry level dan seri Mi untuk kelas premium.

Seri Redmi yang sudah beredar Redmi 2 dan Redmi Note. Sedangkan, seri Mi sendiri hingga kini telah hadir hingga generasi empat, yang diberi nama Mi4.

Perangkat premium terbaru Xiaomi, Mi Note tidak dilabeli nama Mi5 sebagai penerus Mi4 karena mengusung ukuran layar 5,7 inci, yang sudah memasuki kategori phablet, bukan smartphone lagi.

Seperti diketahui, phablet adalah kategori produk baru yang menjembatani antara kategori smartphone dan tablet. Kategori phablet ditentukan berdasar ukuran layarnya yang berkisar antara 5 hingga 7 inci.

"Kita tidak bisa menggunakan nama Mi5 lagi karena ukuran layarnya lebih besar dari 5 inci, karena itu nama Mi Note digunakan," ujar Hugo kepada wartawan KompasTekno, Reska K. Nistanto.

Dengan demikian, Mi Note menjadi phablet pertama di kelas premium seri Mi. Sementara di kelas entry-level, Xiaomi sendiri telah memiliki seri Redmi Note dengan ukuran layar yang sedikit lebih kecil, 5,5 inci.

Phablet baru Xiaomi ini memiliki spesifikasi prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 801 2,5 GHz, RAM 3 GB, GPU Adreno 330, serta memori internal dua versi, yaitu 16 GB dan 64 GB.

Mi Note juga hadir dalam dua warna yaitu hitam dan putih. Rencananya, phablet premium Xiaomi ini akan mulai dijual di kawasan Asia Tenggara (termasuk Indonesia) pada kuartal II 2015.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X