Kompas.com - 16/01/2015, 14:26 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sony mengklaim PlayStation (PS) 4 sebagai raja konsol game dunia di tahun 2014. Menurut perusahaan asal Jepang tersebut, jumlah penjualan konsol tersebut berhasil mengalahkan kompetitor mereka sepanjang tahun lalu.

"PS 4 merupakan konsol yang paling banyak dijual di Amerika Serikat dan secara global di tahun 2014," ujar perwakilan Sony Computer Entertainment Amerika kepada situs Venture Beat, Jumat (16/1/2015).

Menurut Sony, setelah 14 bulan beredar di pasar, konsol tersebut sudah berhasil terjual sebanyak 18,5 juta unit. Masa liburan akhir tahun lalu dianggap berperan besar bagi jumlah penjualan yang fantastis tersebut.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada gamer di seluruh dunia yang membantu kami pada masa liburan (akhir tahun) hingga mencapai penjualan lebih dari 4,1 juta unit di 123 negara dan wilayah," lanjut perwakilan tersebut.

Jumlah penjualan dari Sony ini sejalan dengan data yang dimiliki oleh VGChartz. Menurut data yang terlampir di situs resmi VGChartz, Sony menjual konsol terbanyak di tahun 2014 dengan jumlah sebanyak 13.647.216 unit.

Nilai tersebut jauh lebih tinggi dari kompetitor utama Sony, Xbox One besutan Microsoft, yang berhasil terjual sebanyak 7.680.235 unit.

Hingga penghujung tahun 2014, masih berdasarkan data dari VGChartz, Microsoft secara total sudah menjual 10.756.005 unit Xbox One.

Untuk mematahkan dominasi PS4 di AS, Microsoft mulai memotong harga Xbox One sebanyak 50 dollar AS. Kini, perangkat tersebut dijual dengan harga 349 dollar AS atau sekitar Rp 4,4 juta.

Akan tetapi, Microsoft menyebut harga tersebut sebagai "promosi baru" dan "harga spesial". Tidak diketahui apakah harga tersebut akan tetap atau berubah lagi nantinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.