Kompas.com - 16/01/2015, 15:13 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Inggris dan Amerika Serikat akan saling serang melalui dunia maya. Bukan sebagai bentuk seteru, namun sebagai latihan pertahanan dari serangan siber yang semakin popular.

Sebagaimana dilaporkan BBC dan dikutip KompasTekno (16/1/2015), Inggris dan AS menamai rencana saling serang ini dengan istilah "War Game", atau permainan perang. Rencana kerjasama yang baru pertama kali terjadi ini dikemukakan Perdana Menteri Inggris, David Cameron, setelah berbincang dengan Presiden AS, Barrack Obama.

Menurut Cameron, latihan serangan siber ini sifatnya mendesak. "Serangan siber adalah salah satu ancaman terbesar yang tengah kita hadapi," kata dia.

Obama mengamini pernyataan Cameron. Menurutnya, selain latihan perang siber, AS juga akan mengeluarkan regulasi yang lebih ketat guna menghadang serangan siber.

Permainan perang pertama antara kedua negara akan menargetkan Bank Inggris dan bank-bank komersial lainnya. Selain itu, London dan Wall Street juga akan menjadi target. "Latihan ini untuk menguji ketahanan infrastruktur nasional," kata perwakilan parlemen Inggris.

Ke depannya, AS dan Inggris akan berkerjasama dalam membentuk pasukan siber yang melibatkan lembaga keamanan masing-masing negara, M15 dan FBI. Selain itu, kedua negara juga akan memperlancar laju informasi antar negara atas berbagai ancaman.

Antisipasi kedua negara atas serangan siber bersumber dari kejadian akhir-akhir ini. Setelah serangan siber yang diduga dilakukan Korea Utara terhadap Sony, Senin lalu akun Twitter dan YouTube Centcom juga dilaporkan di-hack oleh hackers yang diduga berasal dari Suria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.