Tizen, Kunci Penting Masa Depan Samsung

Kompas.com - 16/01/2015, 16:41 WIB
Samsung Tizen PhoneArenaSamsung Tizen
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Minggu ini, Samsung resmi meluncurkan produk smartphone pertamanya dengan OS Tizen, Samsung Z1. Debut ini sekaligus mengawali rencana Samsung untuk pelan-pelan beralih dari Android.

Dikutip KompasTekno, Jumat (16/1/2015) dari PhoneArena, Samsung mengatakan akan menelurkan banyak produk Tizen sepanjang 2015. Tak hanya produk smartphone, namun juga wearable seperti smartwatch, kamera, TV, dan perangkat pintar di rumah.

Menurut Samsung, Tizen akan memegang peran besar di masa depan untuk mewujudkan Internet of Things (IoT). Dalam waktu lima tahun, seperti target CEO Samsung BK Yoon, semua perangkat pabrikan asal Korea Selatan ini akan berbasis IoT.

Kepercayaan Samsung pada Tizen karena menilai OS besutan Linux tersebut paling ringan di antara sistem operasi lainnya. Tizen memungkinkan pemakaian memori dan tenaga prosesor yang lebih sedikit.

"Kecepatan perangkat lebih tinggi namun energi yang dikeluarkan lebih kecil," kata perwakilan Samsung.

Lebih dari itu, kabarnya Samsung ingin beralih dari Android karena tak ingin terus berada di bawah bayang-bayang Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X