Kompas.com - 18/01/2015, 09:07 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Di era digital, media sosial memungkinkan seseorang mengenal latar belakang, kebiasaan, dan selera orang lain secara lebih terbuka.

Kelebihan tersebut bukan hanya berguna untuk menjalin hubungan pribadi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Karena, pada dasarnya, hubungan antar manusia adalah hal yang sangat penting dalam pengembangan bisnis.

Berikut beberapa tips pemanfaatan media sosial untuk pengembangan bisnis yang dikutip KompasTekno dari Mashable, Minggu (18/1/2014):

Pertama, jadikan media sosial sebagai teropong.

Media sosial memberi kesempatan untuk melihat siapa saja pihak yang dapat dijadikan rekan bisnis, kompetitor, dan target pasar. Ini dapat dijadikan rujukan bagi pebisnis untuk memutuskan apakah harus bekerjasama dengan pihak tertentu atau tidak, begitu pun sebaliknya.

Karenanya, pebisnis dan perusahaannya harus selalu memposisikan diri sebagai pelaku industri yang profesional dan berprospek agar dianggap berdaya saing tinggi.

Kedua, sesuaikan konten pesan dengan jenis media sosial.

Setiap media sosial memiliki karakteristik masing-masing. Pengguna seyogyanya fleksibel dalam penggunaan berbagai macam media sosial.

Misalnya, Twitter lebih pas untuk menyuarakan kampanye pemasaran, melakukan live report, atau membangun customer service.

Sedangkan Facebook lebih cocok untuk memperlihatkan budaya perusahaan dan sumber dayanya, serta memperkenalkan program pemasaran yang lebih besar.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.