Kompas.com - 18/01/2015, 10:48 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Logo Sony Pictures

KOMPAS.com - Sony baru saja mengalami cobaan berat dalam bentuk peretasan studio Hollywood miliknya, tapi ujian terbesar agaknya masih menanti seiring dengan menurunnya bisnis smartphone perusahaan asal Jepang ini.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Reuters, Minggu (18/1/2015), Sony memperkirakan kerugian bersih sebesar 230 miliar yen (1,9 miliar dollar AS) sepanjang tahun bisnis yang berakhir pada Maret mendatang.

Untuk pertama kalinya, Sony menunda pembayaran dividen. CEO Sony Kazuo Hirai pun disebut sedang mempertimbangkan untuk menjual unit bisnis televisi dan smartphone yang terus merugi.

Tahun lalu Sony menjual bisnis komputer Vaio dan merumahkan 5.000 karyawan, di luar 10.000 pegawai yang telah lebih dulu di-PHK saat Hirai mengambil alih tampuk pimpinan pada 2012.

Meski sedang dilanda kesulitan bisnis, pada ajang CES 2015 yang berlangsung di Las Vegas, AS, awal bulan ini, Sony tetap memperkenalkan sejumlah gadget  baru, termasuk sebuah TV super tipis dan Walkman seharga belasan juta rupiah.

Ketika itu Hirai menekankan sukses Sony di bidang lain, yakni penjualan sensor kamera dan konsol game PlayStation 4 yang disebutnya sudah terjual sebanyak 18,5 juta unit, melebihi konsol saingan dari Microsoft dan Nintendo.

Tapi di ranah mobile Sony menghadapi persaingan keras.  Segmen bawah semakin digerogoti perangkat-perangkat murah besutan vendor Asia, sementara segmen atas dikuasai Apple dan Samsung yang sulit dikejar.

Keadaan itulah yang tahun lalu memaksa Nokia menjual divisi ponselnya ke Microsoft, serta membuat Erisson "cerai" dari Sony pada 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.