Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 7 Mulai Masuk Masa "Pensiun"

Kompas.com - 20/01/2015, 09:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Hampir enam tahun berlalu sejak Windows 7 pertama dirilis pada pertengahan 2009 silam. Memasuki 2015, sistem operasi beken ini mulai memasuki masa “pensiun”.

Menurut informasi yang dilansir Kompas Tekno dari Read Write Web, Senin (19/1/2015), Microsoft telah mengakhiri dukungan mainstream bagi Windows 7 Service Pack 1, terhitung mulai 13 Januari 2015.

Artinya, pemilik komputer dengan Windows 7 tak akan lagi mendapat tambahan fitur baru terkait sistem operasi. Dukungan teknis cuma-cuma pun tidak lagi tersedia.

Adapun update vital terkait keamanan masih akan terus disalurkan secara rutin, seiring dengan masa berlaku “extended support” untuk Windows 7 yang baru akan berakhir pada 14 Januari, 2020 mendatang.

Untuk sekarang setidaknya Windows 7 belum benar-benar “ditinggalkan” seperti Windows XP yang semua dukungannya resmi dicabut pada April 2014.

Windows 7 sendiri hingga kini masih memegang predikat sebagai sistem operasi komputer terpopuler di dunia.

Data terbaru dari Netmarketshare menunjukkan bahwa Windows 7 masih menguasai pangsa pasar sebanyak lebih dari 56 persen, jauh lebih besar dibandingkan sistem operasi lain, seperti Mac OS X, ataupun duet Windows 8 dan Windows 8.1 yang pangsa gabungannya hanya berkisar di angka 13 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com