PlayStation 1 Jadi "Mesin" Wahana Antariksa ke Pluto

Kompas.com - 20/01/2015, 12:31 WIB
Wahana luar angkasa NASA, New Horizon. NASAWahana luar angkasa NASA, New Horizon.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Banyak yang sudah tahu bahwa ponsel pintar yang saat ini kita gunakan lebih canggih dibanding komputer yang dulu digunakan para astronot saat kali pertama mendarat di bulan.

Yang belum banyak diketahui adalah kecanggihan dari prosesor pada konsol game PlayStation generasi pertama. Badan antariksa AS, NASA, telah menerbangkan wahana antariksa menuju Pluto yang menggunakan prosesor dari PlayStation lawas tersebut.

Prosesor itu difungsikan sebagai pendorong tenaga, sensor monitor, dan pengirim data dari alat penyelidikan ruang angkasa milik NASA untuk Pluto, New Horizon.

Saat ini, New Horizon telah terpatri selama 9 tahun di luar angkasa dan hampir mencapai Pluto. Dengan kecepatan 36.373 mph atau setara 58.537 km per jam, New Horizon diperkirakan tiba di Pluto pada 14 Juli 2015.

Sesampainya di Pluto, New Horizon akan mengeksplorasi planet terkecil itu beserta bulan-bulannya. Setelah itu, New Horizon direncanakan akan melanglang ke sabuk Kuiper, sebuah lingkaran asteroid raksasa yang berada di pinggiran tata surya kita.

Prosesor jenis MIPS R3000 CPU yang digunakan menghadirkan permainan Final Fantasy VII dan Metal Gear Solid di PlayStation tersebut dimodifikasi oleh NASA pada tahun 2006 silam.

Memodifikasi prosesor jadul memang bukan hal yang baru bagi NASA. Contoh lainnya adalah prosesor buatan 2002 yang digunakan pada pesawat luar angkasa Orion. Pesawat tersebut rencananya akan digunakan untuk memindahkan manusia ke Mars.



Sumber The Verge

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X