Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Milik Peretas Jaringan PlayStation Dicuri

Kompas.com - 21/01/2015, 12:12 WIB
KOMPAS.com - Kelompok peretas Lizard Squad mengalami hal yang memalukan ketika data yang menyimpan daftar orang yang memakai layanan mereka dibobol.

Nama Lizard Squad ramai dibahas setelah mengklaim berhasil membobol sistem keamanan Xbox dan Sony PlayStation Network pada akhir Desember lalu.

Setelah membobol dua jaringan konsol game tersebut, Lizard Squad membuat situs yang memungkinan orang-orang memakai perangkat lunak berbayar milik mereka untuk menyerang situs-situs lain, dengan membombardir situs sasaran dengan data, yang akhirnya membuat situs tersebut lumpuh.

Kabar bahwa pembobolan data Lizard Squad diungkap oleh wartawan investigatif, Brian Krebs.

Ia tidak mengungkap siapa yang menyerang data Lizard Squad tetapi ia menyatakan memiliki informasi tentang 14.241 orang yang telah membeli perangkat lunak kelompok tersebut.

Krebs menjelaskan Lizard Squad tidak mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi kerahasiaan data mereka.

"Semua nama pengguna dan kata sandi yang terdaftar (di data milik Lizard Squad) disimpan dalam format plain text," kata Krebs.

Ia mengatakan dari ribuan pendaftar, hanya beberapa ratus yang benar-benar membeli perangkat lunak Lizard Squad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com