Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Gmail Diblokir, Microsoft Outlook Diretas

Kompas.com - 21/01/2015, 15:25 WIB
KOMPAS.com - Para pengguna layanan surat elektronik Outlook dari Microsoft Corp di Tiongkok mendapat serangan peretasa pada akhir pekan lalu, hanya beberapa minggu setelah sistem Gmail milik Google Inc diblokir di Tiongkok, menurut lembaga pengawasan sensor online, Senin (20/1/2015).

Orang-orang yang menggunakan klien-klien surat elektronik seperti Outlook, Thunderbird dari Mozilla dan aplikasi-aplikasi di ponsel mereka dengan protokol-protokol surat elektronik SMPT dan IMAP, yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, pada Sabtu mendapat serangan "man-in-the-middle" (MITM), menurut GreatFire.org yang berbasis di Tiongkok.

Sebuah serangan MITM membajak koneksi online ke layar dan terkadang mengontrol komunikasi-komunikasi yang dibuat di saluran tersebut.

Serangan-serangan dan pemblokiran layanan Internet asing telah semakin umum di Tiongkok, yang beroperasi dengan mekanisme sensor online yang paling canggih di dunia, dikenal sebagai Great Firewall, untuk menghapus semua tanda pemberontakan atau tantangan terhadap Partai Komunis yang berkuasa.

Para pengkritik mengatakan Tiongkok telah meningkatkan gangguan pada layanan-layanan daring online, seperti Google pada setahun terakhir untuk memotong hubungan Internet dengan seluruh dunia.

GreatFire.org mengatakan Senin bahwa lembaga resmi Administrasi Dunia Maya China (CAC) kemungkinan bertanggung jawab atas serangan MITM di Outlook.

Bulan lalu, layanan surat elektronik Gmail ditutup di Tiongkok sebelum melanjutkan aktivitas yang tidak kerap dan seringkali terganggu, memaksa banyak pengguna di China untuk mengadopsi sistem-sistem surat elektronik domestik. (Reuters)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com