Setelah Gmail Diblokir, Microsoft Outlook Diretas

Kompas.com - 21/01/2015, 15:25 WIB
Outlook.com Outlook.com
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Para pengguna layanan surat elektronik Outlook dari Microsoft Corp di Tiongkok mendapat serangan peretasa pada akhir pekan lalu, hanya beberapa minggu setelah sistem Gmail milik Google Inc diblokir di Tiongkok, menurut lembaga pengawasan sensor online, Senin (20/1/2015).

Orang-orang yang menggunakan klien-klien surat elektronik seperti Outlook, Thunderbird dari Mozilla dan aplikasi-aplikasi di ponsel mereka dengan protokol-protokol surat elektronik SMPT dan IMAP, yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, pada Sabtu mendapat serangan "man-in-the-middle" (MITM), menurut GreatFire.org yang berbasis di Tiongkok.

Sebuah serangan MITM membajak koneksi online ke layar dan terkadang mengontrol komunikasi-komunikasi yang dibuat di saluran tersebut.

Serangan-serangan dan pemblokiran layanan Internet asing telah semakin umum di Tiongkok, yang beroperasi dengan mekanisme sensor online yang paling canggih di dunia, dikenal sebagai Great Firewall, untuk menghapus semua tanda pemberontakan atau tantangan terhadap Partai Komunis yang berkuasa.

Para pengkritik mengatakan Tiongkok telah meningkatkan gangguan pada layanan-layanan daring online, seperti Google pada setahun terakhir untuk memotong hubungan Internet dengan seluruh dunia.

GreatFire.org mengatakan Senin bahwa lembaga resmi Administrasi Dunia Maya China (CAC) kemungkinan bertanggung jawab atas serangan MITM di Outlook.

Bulan lalu, layanan surat elektronik Gmail ditutup di Tiongkok sebelum melanjutkan aktivitas yang tidak kerap dan seringkali terganggu, memaksa banyak pengguna di China untuk mengadopsi sistem-sistem surat elektronik domestik. (Reuters)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.