Kompas.com - 21/01/2015, 16:01 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Film komedi produksi Sony Pictures The Interview, yang diyakini telah memicu serangan maya pada studio itu, telah meraih pendapatan lebih dari 40 juta dollar AS dalam penjualan 5,8 juta unduhan film digital, kata pihak Sony, Rabu (21/1/2015).

CEO divisi hiburan Sony Corp, Michael Lynton, menyebut pendapatan 40 juta dollar AS itu menjadi "sebuah tonggak penting" bagi penjualan Sony secara online dan rilis televisi berbayar yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni pada platform seperti Google Play Store, iTunes dari Apple Inc, dan Time Warner Cable.

Film digital The Interview, yang dirilis pada 24 Desember, seminggu setelah sejumlah bioskop besar menolak untuk menayangkan film itu setelah ada ancaman kekerasan dari para peretas.

Presiden Barack Obama menyebut keputusan Sony untuk membatalkan penayangan film itu di bioskop-bioskop sebagai suatu "kesalahan" yang mirip dengan sensor diri.

Film yang dibintangi Seth Rogen dan James Franco, yang menggambarkan kisah fiksi pembunuhan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, juga telah meraih pendapatan sebesar enam juta dollar AS di box office setelah bioskop-bioskop independen melakukan pemutaran film terbatas pada Hari Natal.

Namun, masih belum jelas apakah Sony Pictures akan dapat mengembalikan modal yang diinvestasikan untuk film komedi itu, yang telah menghabiskan 44 juta dollar AS untuk biaya produksi dan puluhan juta dollar untuk biaya pemasaran.

Pemerintah Amerika Serikat menuduh Korea Utara untuk serangan dunia maya terburuk pada Sony Pictures, sebuah perusahaan swasta di AS.

Pemerintah Korea Utara menyebut film The Interview sebagai sebuah "tindakan perang", tetapi Pemerintah Korut membantah tuduhan bahwa pihaknya berada di balik kasus peretasan terhadap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANT
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.