Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lazada Kirim Barang Pesanan dengan Cepat

Kompas.com - 21/01/2015, 16:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua barang yang dipesan dari Lazada Indonesia dikirimkan melalui penyedia layanan pengiriman dari pihak ketiga. Lazada juga memiliki tim pengiriman sendiri bernama Lazada Express (LEX) yang menggunakan hub, titik penghubung antara gudang dengan pembeli.

"Hub ini kita bangun kantor sendiri. Untuk meng-handle barang yg sudah di-packing. Lebih untuk delivery," ujar Senior Vice President Operational Lazada Indonesia, Ryn Hermawan kepada para awak media yang mengunjungi gudang baru Lazada Indonesia di Cakung, Jakarta Utara, Selasa (20/1/2015).

"(Dikirimkan) ke hub dulu supaya ada konsolidasi. Jadi kalau ada yang areanya sama, satu orang bisa langsung membawa banyak," imbuhnya.

Di dalam hub tersebutlah dilakukan penyortiran. Selain untuk efektivitas, cara seperti ini dinilai membuat pengiriman bisa lebih cepat, akurat, dan aman.

Pengiriman yang dilakukan dari hub tersebut biasanya menggunakan metode cash on delivery (COD). Penanganannya pun oleh tim resmi yang menggunakan seragam Lazada.

Masing-masing kurir Lazada yang menangani COD pun memiliki batas transaksi. Mereka tidak diizinkan menerima transaksi lebih dari Rp 25 juta.

Saat ini, dikatakan Ryn, mereka memiliki 15 hub yang berlokasi di kota-kota besar. Misalnya di sekitar Jakarta adalah wilayah Selatan, Utara, Pusat, Bekasi dan Tangerang.

"Pada akhir tahun ini, rencananya menambah jadi 40 sampai 50 hub. Jadi kira-kira setiap bulan akan buka 4-5 hub," tambahnya.

Daerah yang menjadi target adalah kota-kota besar lain di seluruh Indonesia, misalnya Manado, Padang, dan Bandarlampung. Kota-kota kecil tidak termasuk dalam daftar pembangunan hub. Untuk urusan kota-kota kecil atau yang berada di ujung timur Indonesia, Lazada mempercayakannya pada third party logistic yang lebih memahami wilayah.

"Sejauh ini Lex paling bagus. Misalnya soal hari sampainya, Lex satu hari lebih cepat. Security juga beda. Karena controlnya secara langsung.

Lazada Indonesia bekerja sama dengan JNE, Pandu Logistic dan First Logistic untuk urusan pengiriman yang belum dapat dijangkau Lex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com