Google Bersiap Jadi Operator Seluler?

Kompas.com - 22/01/2015, 11:54 WIB
Layanan ponsel Google itu dilaporkan akan memakai jaringan T-Mobile dan Sprint. GoogleLayanan ponsel Google itu dilaporkan akan memakai jaringan T-Mobile dan Sprint.
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google ditengarai bersiap menjadi operator seluler alias menjual layanan telekomunikasi seluler secara langsung kepada konsumen di Amerika Serikat setelah mencapai kesepakatan dengan T-Mobile dan Sprint, sebut media AS.

Sebagaimana dilaporkan harian Wall Street Journal dan laman teknologi The Information yang mengutip sejumlah sumber, Google akan memakai jaringan perusahaan telekomunikasi T-Mobile dan Sprint untuk mewujudkan layanan tersebut.

Kesepakatan antara Google dan kedua perusahaan itu akan dijalin secara terpisah.

Meski demikian, para petinggi Google, Sprint, dan T-Mobile menolak berkomentar mengenai laporan ini.

Belum jelas kapan dan seberapa luas jangkauan layanan ponsel Google. Namun, hingga kini, perusahaan yang berbasis di Negara Bagian California itu telah menjual produk layanan televisi kabel dan internet berkecepatan tinggi bernama Google Fiber di sebagian wilayah Kansas, Missouri, Utah, dan Texas.

Layanan ponsel di AS didominasi oleh Verizon, AT&T, Sprint dan T-Mobile. Akan tetapi, pada kuartal kedua tahun lalu, keuntungan Sprint merosot 765 juta dollar AS yang mengakibatkan sebanyak 2.000 pekerjaan dihilangkan.

Setelah laporan mengenai kesepakatan dengan Google mengemuka, harga saham Sprint melonjak 5,53 persen. Adapun harga saham T-Mobile naik 1,83 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.