Kompas.com - 22/01/2015, 17:31 WIB
Seremonial uji coba jaringan baru Indosat di Makassar, Kamis (22/1/2015). Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comSeremonial uji coba jaringan baru Indosat di Makassar, Kamis (22/1/2015).
|
EditorWicak Hidayat
MAKASSAR, KOMPAS.com - Menonton video di Youtube terkadang menyebalkan ketika harus dihadapkan dengan buffering yang lama. Agaknya masa-masa tersebut akan mulai jarang ditemui.

Pasalnya, operator-operator sedang gencar memperkuat jaringan internetnya. Salah satunya Indosat yang menawarkan jaringan baru 3G 42 Mbps.

Jaringan yang akan terpatri di 29 kota di Indonesia tersebut diuji kemampuannya di Makassar, Sulawesi Selatan. Simulasi pengujian pun dilakukan dengan menonton video YouTube berdurasi 1 jam, mengunggah data, dan mengunduh data secara bersamaan.

Kurang lebih 1 jam menyusuri 10 km jalanan Makassar dari Kantor Cabang Indosat Makassar hingga Pantai Losari,  video YouTube yang diputar tak mengalami tersendat-sendat akibat buffering.

"Di rentang 1-2 Mbps sudah cukup untuk nonton YouTube, apalagi dengan jaringan 42 Mbps," kata Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat, di acara uji coba jaringan baru Indosat, Kamis (22/1/2014).

Menurut Joko dengan menggunakan jaringan baru Indosat 42 Mbps, memungkinkan untuk menonton YouTube dengan kecepatan 4,6-4,8 Mbps.

"Level segitu bisa lakukan apapun dengan stabil. Top speed-nya berada pada rentang 16,7-22,3 Mbps dengan simulasi data sangat besar, yaitu HD," ia menjelaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat berada di depan Kantor Cabang Indosat Makassar, kecepatan jaringan mencapai 13,49 Mbps, namun rata-rata keseluruhannya berapa pada titik 8 Mbps.

3G di 900 MHz

Jaringan baru Indosat ini menggunakan gabungan teknologi U900 dan DC-HSPA+. U900 merupakan layanan 3G pada frekuensi 900 Mhz yang telah dimodernisasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.