Ini Bocoran Dokumen Rencana Samsung Beli BlackBerry

Kompas.com - 22/01/2015, 20:48 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, raksasa elektronik Korea Samsung digosipkan akan membeli perusahaan Kanada BlackBerry. Sontak harga saham BlackBerry pun naik signifikan di pasar bursa saham.

Tak berapa lama, kabar tersebut dibantah baik dari perwakilan Samsung maupun BlackBerry. Namun kini, sebuah dokumen yang menunjukkan bahwa Samsung berminat ingin membeli saham BlackBerry beredar.

"Masih terus dikejar sampai sekarang.. peluang persetujuan itu masih terbuka lebar," ujar seorang sumber dalam Samsung kepada Financial Post, Rabu (22/1/2015)

Dikutip KompasTekno, dokumen tersebut dibuat pada kuartal 4 2014 oleh perusahaan investasi Evercore Partners yang mewakili Samsung.

Dokumen tersebut juga mengandung klausul-klausul persetujuan jika Samsung benar akan membeli BlackBerry.

Samsung menurut dokumen tersebut menawarkan harga per lembar saham BlackBerry senilai 13,35 hingga 15,49 dollar AS.

Dalam lampiran dokumen itu juga menunjukkan grafik penjualan hardware BlackBerry yang mulai stabil. Terdapat pula grafik prediksi revenue BlackBerry yang diramalkan akan naik tiga kali lipat dari 235 juta dollar AS tahun lalu menjadi 636 dollar AS di tahun 2017.

Menurut dokumen yang tampak dibuat oleh Evercore itu, Samsung juga berencana mendekati pemegang saham BlackBerry terbesar, Prem Watsa dalam akuisisinya.

Watsa yang yang menjabat sebagai CEO Fairfax Financial sebelumnya turut memegang peranan penting dalam penyelamatan BlackBerry pada 2013 lalu dengan menggelontorkan dana senilai 4,7 miliar dollar AS.

Di pasar smartphone, baik Samsung dan BlackBerry saat ini sama-sama mengalami krisis. Samsung. walau menjadi penguasa pasar smartphone dunia, mulai mencatatkan kerugian.

Sementara rapor BlackBerry di tahun 2014 lalu sangat jeblok dengan pangsa pasar yang turun hingga di bawah 1 persen di pasar dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.