Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bocoran Dokumen Rencana Samsung Beli BlackBerry

Kompas.com - 22/01/2015, 20:48 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, raksasa elektronik Korea Samsung digosipkan akan membeli perusahaan Kanada BlackBerry. Sontak harga saham BlackBerry pun naik signifikan di pasar bursa saham.

Tak berapa lama, kabar tersebut dibantah baik dari perwakilan Samsung maupun BlackBerry. Namun kini, sebuah dokumen yang menunjukkan bahwa Samsung berminat ingin membeli saham BlackBerry beredar.

"Masih terus dikejar sampai sekarang.. peluang persetujuan itu masih terbuka lebar," ujar seorang sumber dalam Samsung kepada Financial Post, Rabu (22/1/2015)

Dikutip KompasTekno, dokumen tersebut dibuat pada kuartal 4 2014 oleh perusahaan investasi Evercore Partners yang mewakili Samsung.

Dokumen tersebut juga mengandung klausul-klausul persetujuan jika Samsung benar akan membeli BlackBerry.

Samsung menurut dokumen tersebut menawarkan harga per lembar saham BlackBerry senilai 13,35 hingga 15,49 dollar AS.

Dalam lampiran dokumen itu juga menunjukkan grafik penjualan hardware BlackBerry yang mulai stabil. Terdapat pula grafik prediksi revenue BlackBerry yang diramalkan akan naik tiga kali lipat dari 235 juta dollar AS tahun lalu menjadi 636 dollar AS di tahun 2017.

Menurut dokumen yang tampak dibuat oleh Evercore itu, Samsung juga berencana mendekati pemegang saham BlackBerry terbesar, Prem Watsa dalam akuisisinya.

Watsa yang yang menjabat sebagai CEO Fairfax Financial sebelumnya turut memegang peranan penting dalam penyelamatan BlackBerry pada 2013 lalu dengan menggelontorkan dana senilai 4,7 miliar dollar AS.

Di pasar smartphone, baik Samsung dan BlackBerry saat ini sama-sama mengalami krisis. Samsung. walau menjadi penguasa pasar smartphone dunia, mulai mencatatkan kerugian.

Sementara rapor BlackBerry di tahun 2014 lalu sangat jeblok dengan pangsa pasar yang turun hingga di bawah 1 persen di pasar dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com