Yuk, Pantau Banjir Jakarta dari Situs Siagabanjir

Kompas.com - 23/01/2015, 09:18 WIB
Aplikasi berbasis web Siaga Banjir ScreenshotAplikasi berbasis web Siaga Banjir
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan yang turun berkepanjangan identik dengan banjir. Hal ini seringkali merepotkan bila kita tidak mengetahui di mana titik-titik yang sedang kebanjiran, sementara harus tetap melakukan perjalanan.

Sekelompok developer berusaha mengurai kerepotan itu dengan menghadirkan siagabanjir.org. Melalui situs tersebut, pengguna bisa memantau situasi banjir di sejumlah wilayah Jakarta, juga daerah lain.

Developer Siagabanjir, Fauzan Helmi Sudaryanto mengatakan laporan banjir tersebut disajikan dalam bentuk peta. Asalnya dari laporan langsung yang dilakukan masyarakat, melalui akun Twitter.

"Ide kita ingin memetakan informasi orang tentang banjir. Jadi kita tarik informasi tersebut baik dari akun-akun orang atau dari akun seperti TMC Polda Metro," terang Fauzan kepada KompasTekno, Jumat (23/1/2015).

Dia menerangkan, cara menggunakan peta ini mudah. Pengguna tinggal masuk ke alamat web siagabanjir.org/peta. Setelah itu akan terpampang peta berupa Google Maps. Bedanya adalah lingkaran-linkgaran yang muncul di area tertentu peta itu.

Lingkaran-lingkaran ini berwarna mengindikasikan kategori bahaya banjir. Hijau untuk level awal, kuning untuk banjir yang mulai semata kaki. Jingga untuk banjir yang sudah merendam betis dan Merah untuk banjir yang sudah parah.

Ketika pengguna mengklik lingkaran di peta, maka akan terbuka laporan banjir yang terjadi di titik tersebut. Selain laporan yang menyebutkan kondisi banjir, menurut Fauzan, aplikasi web buatannya bersama kawan-kawan itu bisa menampilkan foto yang disematkan dalam kicauan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Basically, tweet dari pengguna yang ditampilkan asal menggunakan hashtag #SiagaBanjir, tapi foto juga bisa tertangkap," jelasnya.

Fauzan mengembangkan aplikasi berbasis web ini bersama lima orang kawannya. Mereka adalah Riska Fadilla, Rasmunandar Rustam, Taufan Satrio, Caraka Nur Azmi, Enreina Annisa Rizkiasri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X